kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45775,30   4,34   0.56%
  • EMAS931.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Pegadaian pimpin sinergi BUMN kembangkan wisata Sumatra Barat


Jumat, 09 Februari 2018 / 09:00 WIB
Pegadaian pimpin sinergi BUMN kembangkan wisata Sumatra Barat
Dirut Pegadaian, Sunarso bersama Kepsek SMK penerima CSR

Berita Terkait

Reporter: Umi Kulsum | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pegadaian (Persero) memimpin sinergi BUMN dalam rangka mengembangkan pariwisata provinsi Sumatra Barat (Sumbar) yang dicanangkan oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno di Pantai Muaro Lasak kota Padang, Kamis (8/2).

Kegiatan pencanangan yang bertajuk Sinergi BUMN Dukung Sumbar sebagai Destinasi Wisata tersebut dilakukan oleh Menteri BUMN didampingi oleh Ketua Umum PWI Margiono. Pada pencanangan itu bergabung Direktur Utama Pegadaian Sunarso selaku koordinator sinergi BUMN serta H. Nasrul Abit Wakil Gubernur provinsi Sumatera Barat.


Direktur Utama Pegadaian Sunarso mengatakan, di Sumatra Barat, implementasi program pengembangan partiwisata pada tahap pertama meliputi pembangunan infrastruktur pariwisata Pantai Padang, Bukit Tinggi dan Kelok Sembilan.

Adapun rangkaian pengembangan tersebut yakni pertama, revitalisasi koridor Padang berupa pembuatan welcome gate dan papan informasi di Bandara Minangkabau dan pengembangan infrastruktur Pantai Cimpago yang telah diserahterimakan kepada pemda setempat. Total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 769 juta.

Koridor Bukittinggi direvitalisasi dengan tambahan tenda kuliner, toilet dan persediaan air bersih, menara pandang, taman, pagar, dan renovasi lainnya yang menyerap anggaran sebesar Rp 3 miliar. Koridor Kelok Sembilan yakni renovasi mushola, toilet VIP, toilet umum serta pengelolaan limbah yang menyerap anggaran sebanyak Rp 190 juta serta sudah diserahterimakan kepada pemda setempat.

Sedangkan untuk tahap kedua masih dalam proses pengerjaan dengan beberapa progres pembangunan di Kepulauan Mentawai, pesisir selatan pantai Sago dan kabupaten Sawahlunto.

Sementara itu, Menteri BUMN Rini M. Soemarno menyampaikan bahwa untuk menyukseskan program ini, pemerintah mempercepat proses pembangunan jalan tol Padang-Bukittinggi. “Pembangunan jalan tol ini akan mengurai kemacetan yang selama ini dialami oleh warga. Ekonomi masyarakat akan meningkat seiring teratasinya kendala transportasi," kata Rini dalam keterangan resmi, Jumat (9/2).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×