kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,85   7,21   0.78%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengetatan GWM Mulai Berdampak kepada Bank Kecil


Selasa, 26 Juli 2022 / 19:10 WIB
Pengetatan GWM Mulai Berdampak kepada Bank Kecil
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi keuangan di kantor cabang Bank Sahabat Sampoerna, Jakarta, Senin (8/11). ./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/08/11/2021.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kelompok bank kecil mulai merasakan dampak likuiditas atas normalisasi kebijakan Giro Wajib Minimum (GWM) rupiah secara bertahap dari Bank Indonesia (BI).  Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyatakan penyesuaian secara bertahap GWM rupiah dan pemberian insentif GWM sejak 1 Maret  sampai 15 Juli 2022 menyerap likuiditas perbankan sekitar Rp 219 triliun. 

Kendati demikian, bank sentral mengklaim penyerapan likuiditas tersebut tidak mengurangi kemampuan perbankan dalam penyaluran kredit kepada dunia usaha. Lantaran, rasio Alat Likuid terhadap Dana Pihak Ketiga (AL/DPK) masih tinggi mencapai 29,99% per Juni 2022.

PT Bank Ina Perdana Tbk (BINA) menyatakan telah menerapkan dan memenuhi GWM sesuai ketentuan BI. Direktur Utama Bank Ina Perdana Daniel Budirahayu menyatakan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) masih tinggi dibandingkan rata-rata pertumbuhan industri. 

“Bank Ina masih dapat dipenuhi GWM sesuai ketentuan BI dan  jumlahnya cukup besar untuk ukuran bank sebesar kami, sebanyak lebih kurang dari total DPK,” ujarnya kepada Kontan.co.id pada Selasa (26/7). 

Baca Juga: Transaksi ATM hingga Mei Capai 2,55 Miliar, Transaksi Tunai Alami Kenaikan

Guna memacu DPK, Bank Ina telah menawarkan produk-produk yang menarik bagi para nasabah. Seiring dengan itu, Bank Ina masih optimis memacu bisnis hingga kredit bisa tumbuh dobel digit di penghujung 2022. 

PT Bank Mandiri Taspen (Mantap) juga sudah menyesuaikan peningkatan GWM sekitar 2,5% dari DPK yang telah dihimpun.  Direktur Utama Bank Mandiri Taspen Elmamber P. Sinaga masih akan fokus untuk peningkatan DPK dari segmen ritel yang didorong dari fitur-fitur digital yang dikembangkan. 

“Di Bank Mandiri Taspen sendiri atas kebijakan peningkatan rasio GWM tersebut, kami comply dan terdapat alokasi likuiditas sebesar Rp 1 triliun untuk pemenuhan GWM tersebut dari posisi Maret ke Juli 2022,” paparnya. 

Kendati demikian, ia optimis bisa memacu pertumbuhan kredit hingga 17% secara year on year (yoy) sampai dengan akhir tahun. Guna mencapai target tersebut, Bank Mantap akan mengoptimalkan penyaluran kredit ke segmen pegawai aktif dan pensiunan.

PT Bank Sahabat Sampoerna juga telah mengikuti kebijakan pengetatan GWM yang dimulai sejak Maret lalu. Direktur Keuangan dan Perencanaan Bisnis Bank Sampoerna Henky Suryaputra menyatakan Bank Sampoerna sendiri siap untuk terus mengikuti kebijakan GWM yang akan semakin mengetat pada September mendatang. 

Baca Juga: Flip Masuk Daftar 10 Aplikasi yang Membentuk Sebuah Generasi Menurut Google

“Bank akan terus membangun kepercayaan dari nasabah sambil terus meningkatkan layanan termasuk layanan mobile banking untuk dapat terus memenuhi kebutuhan likuiditas. Kami meyakini bahwa perekonomian Indonesia masih akan bertumbuh cukup baik di tahun 2022 ini," kata dia.

"Bank Sampoerna masih meyakini untuk dapat mencapai pertumbuhan kredit sedikit di atas target pertumbuhan kredit industri perbankan secara keseluruhan,” tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×