kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,72   -3,94   -0.44%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perbankan Indonesia Lirik Potensi Perluas Kantor Cabang di Luar Negeri


Minggu, 30 Juni 2024 / 19:27 WIB
Perbankan Indonesia Lirik Potensi Perluas Kantor Cabang di Luar Negeri
ILUSTRASI. Pegawai Bank Mandiri menjelaskan fitur Livin' by Mandiri kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Kantor Remitansi Bank Mandiri cabang Hong Kong, Keswick, Hong Kong, Rabu (28/6/2023). Kantor remitansi Bank Mandiri Hong Kong saat ini melayani lebih dari 25 ribu PMI. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/aww.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Membuka kantor cabang di luar negeri (KCBLN) tampaknya masih menjadi daya tarik bagi perbankan tanah air. Meski, kondisi perekonomian global saat ini sedang tidak baik-baik saja dibayangi geopolitik dan suku bunga tinggi.

Jika melirik data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jumlah KCBLN yang beroperasi saat ini memang ada penurunan. Setidaknya, pada Desember 2022 jumlahnya mencapai 23 unit dan setahun kemudia susut jadi 19 unit.

Terbaru, ada PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) yang kini kian serius untuk membuka KCBLN. Bank yang fokus pada kredit properti ini menyasar negeri tetangga, Timor Leste.

Baca Juga: Nasabah Korporasi Multinasional Topang Bisnis Bank Asing di Indonesia

Direktur Utama BTN Nixon L.P. Napitupulu pun mengungkapkan bahwa rencana tersebut dimasukkan dalam revisi Rencana Bisnis Bank (RBB) di Juni ini. Namun, pelaksanaan rencana tersebut tidak terburu-buru dan melihat situasi.

Untuk saat ini, Nixon bilang bahwa pihaknya sedang mencari tempat yang tepat. Ditambah, melihat perkembangan ekonomi yang ada. “Apakah memungkinkan sekarang masuk ke Timor Leste, karena mereka kan kena juga masalah global ekonomi ini,” ujarnya.

Sebagai informasi, rencana pembukaan cabang di Timor Leste ini menjadi yang pertama bagi BTN untuk berekspansi ke luar negeri. Sehingga, rencana ini memang perlu dilakukan secara hati-hati. 

Berdasarkan catatan KONTAN, tujuan BTN membuka rencana ekspansi di luar negeri merupakan salah satu strategi bank dalam mencari pendanaan dalam bentuk valuta asing. “Tapi kita tunggu, karena di dalam negeri juga masih seru,” ujar Nixon.

Sementara itu, ada juga PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) yang sedang berkutat dengan pembukaan cabang di Arab Saudi. Di mana, target awal dari rencana tersebut selesai di kuartal II ini.

 

Baca Juga: Bisnis Bank Asing di Indonesia Disokong Nasabah Korporasi Multinasional

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia, Hery Gunardi, pun menyadari bahwa memang ada revisi beberapa dokumen yang diperlukan. Untuk saat ini, ia memastikan dokumen pengurusan pembukaan kantor cabang sudah ada di Bank Sentral Arab Saudi.

“Harapannya tahun ini bisa selesai,” ujarnya, baru-baru ini.

Sebelumnya, ekspansi layanan BSI kepada nasabahnya di Arab Saudi juga telah didukung dengan penerbitan kartu debit, QRIS, dan mesin EDC di berbagai merchant yang ada di Arab Saudi.

Lebih lanjut, ia mengaku untuk saat ini belum memikirkan untuk membuka cabang di negara lain. Sehingga, terdekat cabang baru di luar negeri hanya Arab Saudi. “Kita lihat tahun depan saja ya” ujarnya.




TERBARU

[X]
×