kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45794,88   -0,45   -0.06%
  • EMAS942.000 0,43%
  • RD.SAHAM 0.14%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.04%

Perbankan pasang target tinggi di segmen kredit pensiunan pada tahun depan


Kamis, 19 Desember 2019 / 18:31 WIB
Perbankan pasang target tinggi di segmen kredit pensiunan pada tahun depan
ILUSTRASI. Costumer Service melayani nasabah di Bank Mandiri Taspen (Mantap) Cikini Jakarta, Rabu (6/2). Perbankan Pasang Target Kredit Pensiunan Tinggi Tahun Depan./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/06/02/2019.

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah perbankan melihat potensi penyaluran kredit pensiunan masih sangat besar. Itu tercermin dari realisasi yang telah dicatatkan sepanjang tahun ini yang tumbuh mekar. Oleh karena itu, segmen ini ditargetkan akan tumbuh agresif tahun depan.

PT Bank Mandiri Taspen (Mantap) misalnya masih sangat optimis dengan menargetkan pertumbuhan kredit 35% tahun 2020. Anak usaha dari Bank Mandiri ini masih akan tetap konsisten menjalankan bisnisnya dengan fokus bermain di segmen tersebut.

Baca Juga: Pemerintah menetapkan 37 bank ini sebagai penyalur dana FLPP

Hingga akhir tahun, Bank ini menargetkan penyaluran kredit bisa mencapai Rp 20,3 triliun. Itu meningkat cukup pesat dibandingkan tahun 2018 yang hanya mencapai Rp 15,5 triliun.

Adapun per November, outstanding kredit bank ini mencapai Rp 19,9 triliun atau tumbuh 31% YoY. Saat ini komposisi pensiunan terhadap total kredit Bank Mantap berada di kisaran 93.4%. Ke depan komposisi pensiunan tersebut akan tetap konsisten dijaga di atas kisaran 90%.

"Kami masih sangat optimis untuk tetap tumbuh sustain karena potensi market pensiun dan ASN yang masih sangat besar dimana pensiunan mencapai 2,6 juta dan ASN aktif sebanyak 4,3 juta," kata SEVP Finance, Retail & Digital Banking Bank Mantap Fajar Ari Setiawan pada Kontan.co.id, Kamis (19/12).

Selain pemenuhan target akuisisi kredit yang bersumber dari BUP untuk ASN aktif maupun pensiunan, Bank Mantap juga telah mulai melakukan akuisisi untuk Dapen BUMN untuk mengejar target.

Baca Juga: Bank Mantap optimistis kredit pensiunan masih cerah

Bank Mantap juga menjalankan beberapa inisiatif untuk mendorong peningkatan produktifitas sales kredit diantaranya pengembangan sales tools untuk diatribusi dan monitoring pipe line.

Selain itu, juga mengembangkan strategi unorganic melalui chanelling dengan lembaga lain dan memperkuat sinergi dengan Bank Mandiri,serta mengembangkan layanan digital yang memudahkan pensiunan membuka rekening dan mengakses manfaat pensiunan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×