kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perbankan Siapkan Antisipasi Hadapi Kondisi Global yang Kian Tak Pasti


Selasa, 07 November 2023 / 08:20 WIB
Perbankan Siapkan Antisipasi Hadapi Kondisi Global yang Kian Tak Pasti
ILUSTRASI. Nasabah terlihat di dekat pintu kantor cabang Bank Tabungan Negara (BTN) di Jakarta, Selasa (3/7). KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketidakpastian global yang terjadi saat ini dikhawatirkan mempengaruhi kualitas kredit perbankan yang bisa memburuk. Perbankan pun telah menyiapkan antisipasi atas peluang adanya risiko tersebut di waktu yang akan datang.

Secara industri, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejatinya mencatat rasio non performing loan (NPL) gross industri perbankan masih membaik di September 2023, di level 2,43%. Pada periode sama tahun lalu, industri mencatat NPL Gross di level 2,78%.

Meski demikian, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengungkapkan bahwa masih ada beberapa bank yang memiliki NPL Gros di atas 5%. Untungnya, seluruhnya masih memiliki NPL net di bawah 5%.

“Ini menunjukkan bank telah melakukan pencadangan atas kerugian tersebut sehingga dampaknya terhadap permodalan sudah diantisipasi dengan baik,” ujar Dian, belum lama ini.

Baca Juga: Fitur Transfer Internasional BRImo, Inovasi Perbankan Digital Terbaru dari BRI

Dian menyadari bahwa ketidakpastian global saat ini seperti tingkat suku bunga yang tinggi dan melambatnya pertumbuhan global dapat mempengaruhi pasar Indonesia. Misalnya, tingginya suku bunga memengaruhi kemampuan bayar debitur.

Untuk itu, Ia mengingatkan agar perbankan benar-benar selektif dalam menyalurkan kredit baru. Serta, melakukan monitoring dan pendampingan usaha, khususnya bagi segmen UMKM.

“Perbankan tentu memiliki perspektif masing-masing dalam menyikapi ketidakpastian global,” ujarnya.

PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (BEKS) termasuk salah satu bank yang memiliki NPL gross di atas 5%. Direktur Bisnis Bank Banten Rodi Judo bilang  NPL gross Banten per Oktober 2023 di level 9,4%.

Meski masih tergolong tinggi, Rodi bilang bahwa rasio NPL tersebut sudah membaik dari posisi sama tahun lalu. Di mana, kala itu, NPL Gross Bank Banten berada di level 10,07%.

Ia bilang penurunan tersebut terjadi setelah pihaknya melakukan monitoring ketat terhadap kualitas kredit yang dimiliki. Rodi menyebutkan hal itu sudah dilakukan ketika kredit sudah masuk kolektibilitas 2.

Baca Juga: Proses Migrasi Bisnis Konsumer Citibank ke UOB Akan Berlangsung, Ini Jadwalnya

Tak hanya itu, pihaknya juga telah bekerja sama dengan Kejaksaan Banten. Di mana, memberikan surat kuasa khusus untuk melakukan penagihan terhadap debitur.

“Kalau tahun lalu itu kan sudah terkumpul sekitar Rp 92 miliar,” ujarnya kepada KONTAN, Senin (6/11).




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×