kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perbankan Swasta Optimistis Penyaluran Kredit Bakal Meningkat Tahun Ini


Selasa, 15 Maret 2022 / 16:01 WIB
Perbankan Swasta Optimistis Penyaluran Kredit Bakal Meningkat Tahun Ini
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi keuangan di?kantor cabang BCA di Jakarta, Selasa (25/5). /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/25/05/2021.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah bank swasta optimistis penyaluran kredit akan lebih baik. Berbagai strategi telah dipersiapkan bank - bank swasta besar ini untuk meningkatkan kinerja tahun ini. 

PT Bank Permata Tbk (BNLI) misalnya, mencatatkan penyaluran kredit sebesar Rp 108,92 triliun, naik 5,43% yoy. Diikuti peningkatan pembiayaan 12,98% yoy menjadi Rp 16,54 triliun pada tahun 2021. 

Direktur Utama PermataBank Chalit Tayjasanant mengatakan, peningkatan kredit tersebut berkat pertumbuhan kredit Korporasi 12% yoy dan KPR 22% yoy pada 2021. Dari realisasi itu, ia bank berharap kinerja tahun ini juga tumbuh positif. 

"Sebagai bagian dari Bangkok Bank Group yang merupakan bank korporasi terkuat di Thailand, PermataBank akan terus mempercepat pertumbuhannya dengan memanfaatkan kolaborasi dengan skala dan keahlian Bangkok Bank," kata Chalit dalam paparan kinerja PermataBank 2021, Selasa (15/3). 

Baca Juga: Pendanaan Dari Bank untuk Multifinance Mulai Mengalir

Hal ini dibarengi peningkatan share of wallet bank dalam pengelolaan trade & cash, memenangkan klien korporat dan konglomerasi baru di Indonesia, serta terus membangun hubungan yang baik melalui pertumbuhan kredit yang prudent dan sehat.

Sementara itu, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) menargetkan pertumbuhan kredit bisa mencapai 6% - 8% di 2022. Presiden Direktur Bank BCA, Jahja Setiatmadja sengaja memasang target konservatif karena ada beberapa faktor yang dipertimbangkan.

"Jangan terlalu agresif karena banyak faktor perkreditan seperti mobilitas masyarakat yang diharapkan bisa kembali normal, suku bunga, likuiditas yang ada, bagaimana NPL, bagaimana LAR terkendali atau tidak," kata Jahja.

Jika itu semua terkendali, Jahja yakin penyaluran kredit Bank BCA bisa melebihi target. Terlebih, fundamental ekonomi cukup bagus, suku bunga naik tidak terlalu tinggi, NPL bisa dikendalikan dan LAR menurun. 

Untuk mencapai target tersebut, beberapa strategi telah dipersiapkan Bank BCA. Pertama, mempertahankan sistem pembayaran yang andal dan terpercaya. Misalnya, nasabah bisa menghubungi Halo BCA jika ada masalah. 

Baca Juga: BCA Catat Transaksi BCA Expoversary 2022 Offline Capai Rp 2,6 Triliun

Kedua, menyediakan beragam produk kredit, khususnya bagi segmen korporasi potensial seperti infrastruktur, komoditas dan telekomunikasi. Untuk kredit konsumen, menyasar segmen kredit menengah (SMI) dan komersil yang memiliki prospek bagus. 

PT Bank Mega Tbk (MEGA) juga optimistis pertumbuhan bisnis akan berlanjut di tahun ini. Direktur Kredit Bank Mega Madi D. Lazuardi optimistis, kredit akan tumbuh 11,6% yoy atau setara Rp 7,1 triliun di 2022.

"Angka Rp 7,1 triliun ini merupakan angka pertumbuhan net karena kita banyak melakukan repayment-repayment yang sudah kita antisipasi sehingga angka tersebut dapat tercapai. Strategi pertumbuhan kredit dititikberatkan pada segmen korporasi masih menjadi andalan," ujar Madi.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×