kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45867,20   12,42   1.45%
  • EMAS1.371.000 1,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perbankan Syariah Makin Agresif Menggenjot Transaksi QRIS


Selasa, 28 Mei 2024 / 19:38 WIB
Perbankan Syariah Makin Agresif Menggenjot Transaksi QRIS
ILUSTRASI. Pembeli membayar pesanan dengan memindai QRIS peluncuran usaha Mauthai di Ujung Gurun, Padang, Sumatera Barat, Jumat (10/12/2021). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/rwa.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak mau kalah dengan bank konvensional, perbankan syariah juga ikut masuk dan berinvestasi di bisnis digital banking, dengan menghadirkan fitur Quick Respons Code Indonesia Standar (QRIS) melalui aplikasi mobile banking. 

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) misalnya, yang mencatatkan volume transaksi QRIS lewat BSI Mobile Banking mencapai 14,8 juta transaksi atau naik 149% year to date (YTD) dengan nilai transaksi mencapai Rp 2,6 triliun atau naik 121%.

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna manyampaikan, secara YTD sampai bulan April 2024, jumlah merchant QRIS juga mengalami kenaikan 81,88%. Adapun target merchant yang diakuisisi pada tahun 2024 sebesar 1 juta merchant.

"Dimana target transaksi QRIS pada tahun 2024 ini mencapai 56 juta transaksi dengan nilai transaksi sebesar Rp 6,6 triliun dengan asumsi growth transaksi sebesar 150% per tahunnya dan volume transaksi sebesar 120%," ujar Anton kepada kontan.co.id, Selasa (28/5).

Baca Juga: Bank Syariah Bidik Pendapatan dari Transaksi Valas pada Musim Haji Tahun Ini

Lebih lanjut Anton menerangkan, strategi dalam menggenjot transaksi QRIS yaitu terus berupaya meningkatkan jumlah user registered (UREG) lewat akuisisi merchant-merchant baru yang berkualitas sehingga dapat aktif transaksi. 

"Kami juga menyiapkan campaign dan program khusus untuk nasabah dan merchant kami, contohnya seperti Program Hujan Rezeki BSI Mobile dan program-program lainnya," tutup Anton.

Tak berbeda, transaksi QRIS di BCA Syariah juga turut mengalami peningkatan yang signifikan. Per Maret 2024, pertumbuhan transaksinya mencapai 2 kali lipat dengan volume transaksi sebesar 288,9 ribu transaksi, mencapai Rp 3,8 triliun secara tahunan. 

"BCA Syariah merupakan bank pelaksana pembayaran QRIS, namun tidak menutup kemungkinan ke depan BCA Syariah akan menjadi Bank penyedia pembayaran dan bekerjasama dengan berbagai merchant," ucap Direktur BCA Syariah, Pranata.

Pranata mengaku, saat ini, pihaknya fokus untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah melalui transaksi internet maupun mobile banking.

"Untuk mendorong transaksi di mobile banking BCA Syariah khususnya QRIS, kami menawarkan berbagai program promosi yang menarik untuk nasabah," katanya.

Baca Juga: Debit BRI Mudahkan Jemaah Transaksi Selama Ibadah Haji

Digital Business & Product Development Division Head Bank Mega Syariah, Benadicto Alvonzo F juga menyampaikan, bahwa transaksi QRIS pada kuartal I-2024 tumbuh 42% di sisi jumlah transaksi, dan tumbuh 68% di sisi volume transaksi dibandingkan YTD kuartal keempat 2023.

"Dalam menggenjot transaksi QRIS, setiap bulannya, Bank Mega Syariah melaksanakan promo pada Suka-Suka Bazaar. Selain itu, dari bulan Maret hingga Mei 2024, terdapat Promo BALAPAN QRIS yang memperebutkan reward seperti iPhone 15, iPad Air, Smartwatch Garmin, Corkcicle, dan lainnya hanya dengan melakukan scan QRIS sebanyak-banyaknya. Kemudian, banyak promo-promo pada merchant, seperti SPBU, Kantin Universitas, dan lain-lain," ungkap Benadicto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×