kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,58   -2,96   -0.33%
  • EMAS1.324.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perbankan terapkan kebijakan WFH, bagaimana nasib nasabah?


Selasa, 17 Maret 2020 / 15:21 WIB
Perbankan terapkan kebijakan WFH, bagaimana nasib nasabah?


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam rangka menangkal penyebaran virus corona (Covid-19), mayoritas bank besar telah memberlakukan kebijakan Work From Home (WFH). Hal tersebut menyusul himbauan dari pemerintah untuk mengurangi kegiatan di luar rumah. 

Meski mayoritas karyawan dan petugas telah ditugaskan di luar kantor, beberapa bank yang dihubungi Kontan.co.id, Selasa (17/3) tetap menjamin seluruh cabang tetap tetap beroperasi normal. Termasuk, layanan operasional yang bisa diakses melalui layanan e-channel maupun digital.

Baca Juga: Bayar tagihan listrik bisa lewat BCA Mobile, berikut panduannya

Ambil contoh PT Bank Mandiri Tbk. Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rully Setiawan menyebut pihaknya memastikan layanan di kantor-kantor cabang perseroan tetap beroperasi normal. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan di tengah upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Keputusan ini dilakukan pasca Bank Mandiri menjalankan protokol penanganan Covid-19 di seluruh kantor Bank Mandiri, terutama di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, maupun wilayah-wilayah lain di Indonesia. 

“Meski demikian, Kami menyarankan kepada nasabah untuk melakukan transaksi keuangan melalui electronic channel Bank Mandiri seperti Mandiri Online, layanan ATM 24 Jam, baik tarik tunai maupun setor tunai, serta layanan Mandiri Cash Management bagi perusahaan-perusahaan,” kata Rully.

Tidak ketinggalan, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) juga tetap memaksimalkan pelayanannya dengan bantuan teknologi. Ini yang memungkinkan pelayanan terhadap nasabah tetap berjalan. 

Baca Juga: Dipimpin BBCA, ini 10 saham paling banyak dijual asing sepekan terakhir

Dengan bantuan gadget dan koneksi internet, nasabah tetap dapat bertransaksi dan berinteraksi dengan petugas bank, dalam hal ini petugas BNI Contact Center, tanpa perlu keluar dari rumah.

Pemimpin Unit Pusat Layanan Pelanggan BNI Rahmat Pertinda mengatakan bahwa BNI mendukung penuh himbauan pemerintah terkait Work From Home. Layanan BNI Call 1500046 tetap bertugas secara prima untuk membantu nasabah yang memerlukan layanan perbankan BNI. 

"Nasabah tetap dapat menghubungi Layanan Phone Banking BNI Call 1500046 selama 24 jam untuk mendapatkan bantuan dari petugas tanpa harus meninggalkan rumah. BNI Call 1500046 dapat melayani permintaan informasi, perubahan data, penanganan keluhan dan transaksi melalui BNI Phone Banking," ujar Rahmat.

Rahmat menambahkan, pada situasi ini nasabah dapat memanfaatkan layanan e-channel BNI seperti BNI Mobile Banking, BNI Internet Banking, BNI SMS Banking, dan ATM BNI. 

Baca Juga: Bank batasi interaksi antar-orang, nasabah bagaimana?

Corporate Secretary BNI Meiliana mengatakan apabila tetap membutuhkan layanan perbankan di cabang, masyarakat pun tidak perlu khawatir karena di setiap kantor cabang, BNI menerapkan protokol pengamanan corona. Protokol tersebut antara lain protokol tindakan Preventif, yaitu berupa pengecekan suhu tubuh kepada semua orang yang masuk dan keluar dari Kantor Cabang BNI.

Menyiapkan hand sanitizer di lokasi-lokasi yang mudah dijangkau oleh nasabah. hand sanitizer juga disiapkan pada para petugas di front office yang bertemu langsung dengan masyarakat, seperti teller dan customer service

“Untuk perlindungan maksimal, kami telah menyemprotkan cairan desinfektan di kantor cabang BNI, ATM dan ruang-ruang kerja, sehingga penularan virus corona akan semakin kami minimalkan,” ujar Meiliana.

Baca Juga: Layanan perbankan tetap beroperasi normal di tengah penyebaran virus corona, tapi...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×