kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,33   -2,31   -0.25%
  • EMAS1.396.000 0,07%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Perketat Perlindungan Data Pribadi, CBI Dapatkan Sertifikasi ISO 27701


Jumat, 05 Juli 2024 / 22:28 WIB
Perketat Perlindungan Data Pribadi, CBI Dapatkan Sertifikasi ISO 27701
Credit Bureau Indonesia (CBI) meraih sertifikat ISO 27701 untuk Privacy Information Management System.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Credit Bureau Indonesia (CBI) meraih sertifikat ISO 27701 untuk Privacy Information Management System. CBI diklaim menjadi lembaga pengelola informasi perkreditan (biro kredit) pertama di Indonesia yang mendapatkan ISO 27701.

ISO 27701 merupakan standar internasional yang memberikan kerangka kerja untuk meningkatkan dan mengembangkan sistem manajemen keamanan informasi yang saat ini telah tersertifikasi dengan ISO 27001, menjadi sistem manajemen informasi privasi (PIMS). 

Dengan meraih sertifikasi ini, CBI dinilai telah menerapkan langkah-langkah perlindungan data privasi yang ketat dan sesuai dengan standar global.

Direktur Teknologi Informasi CBI, Ivan Irawan, menyatakan, dengan segera diberlakukannya Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP), CBI sebagai lembaga yang melakukan pengelolaan terhadap informasi perkreditan perlu berada di garis depan dalam memastikan kepatuhan terhadap regulasi tersebut. 

Baca Juga: Upaya Credit Bureau Indonesia (CBI) Tingkatkan Keamanan Informasi di Era Digital

"Sertifikasi ISO 27701 tidak hanya mempersiapkan kami untuk memenuhi tata kelola berdasarkan UU PDP, tetapi juga meningkatkan kepercayaan dari para anggota dan pemangku kepentingan bahwa data mereka dikelola dengan standar keamanan tertinggi," ujarnya dalam keterangannya, Jumat (5/7).

Sertifikasi ISO 27701 ini memperkuat dua sertifikasi ISO lainnya yang telah didapatkan sebelumnya, yaitu ISO 27001 dan ISO 20000-1. ISO 27001 merupakan standar internasional untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi atau Information Security Management System (ISMS). 

ISMS menggunakan pendekatan sistematis untuk mengelola informasi sensitif perusahaan, termasuk informasi orang, proses, dan sistem teknologi informasi, dengan menerapkan proses manajemen risiko yang ketat.

Baca Juga: Bantusaku Gandeng CBI Agar Penilaian Risiko Lebih Akurat dan Persetujuan Lebih Cepat

Presiden Direktur CBI, Agus Subekti, menambahkan bahwa melalui ketiga sertifikasi ini, semakin memperkuat posisi CBI sebagai biro kredit dalam mengutamakan kebutuhan dan kepentingan pihak stakeholder yang di antaranya adalah soal privasi data. 

"Sertifikasi ISO 27701 membuat kami menjadi lebih siap dalam menghadapi pemberlakuan regulasi PDP dan memastikan CBI telah melakukan perlindungan data privasi secara optimal,” ucapnya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×