kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perluas jangkauan transaksi, ShopeePay luncurkan fitur upload QRIS dari galeri ponsel


Kamis, 06 Agustus 2020 / 15:03 WIB
Perluas jangkauan transaksi, ShopeePay luncurkan fitur upload QRIS dari galeri ponsel
ShopeePay luncurkan fitur upload QRIS dari galeri ponsel


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Guna memperluas transaksi pembayaran bagi merchant UMKM, PT AirPay International Indonesia (ShopeePay) menghadirkan fitur Upload QRIS dari Gallery. Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk menyelesaikan transaksi pembayaran dari rumah dengan cara mengunggahnya dari galeri foto tanpa perlu bertemu secara tatap muka.

Fitur ini muncul lantaran berkurangnya pemasukan UMKM terdampak secara signifikan atas diberlakukannya kebijakan PSBB akibat pandemi Covid-19. 
Studi dari Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) UI menyatakan, sebanyak 73% UMKM mengeluh karena berkurangnya jumlah pelanggan yang bertransaksi dikarenakan terbatasnya ruang gerak masyarakat untuk keluar rumah dan beraktivitas seperti dulu.

Baca Juga: ShopeePay catat transaksi di Alfamart meningkat hingga 27 kali lipat

“Menyambut hari UMKM Nasional yang akan jatuh di tanggal 12 Agustus, ShopeePay menghadirkan fitur Upload QRIS dari Gallery. Sejalan dengan terakselerasinya masyarakat non-tunai di tengah pandemi, kami harap fitur ini dapat mendekatkan merchant-merchant QRIS dan pengguna kami tanpa harus bertemu langsung,” ujar Marketing Manager ShopeePay Cindy Candiawan dalam keterangan tertulis, Kamis (6/8).

Cindy bilang cara penggunakan fitur ini terbilang mudah, Merchant UMKM mengirimkan foto stiker QRIS kepada pengguna ShopeePay. Lalu pengguna membuka aplikasi Shopee dan menekan tombol scanner atau bayar dari ShopeePay

“Klik ikon upload QR dari galeri yang berada di kanan atas untuk mengunggah foto stiker QRIS yang sudah tersimpan di galeri ponsel. Pengguna dapat menyelesaikan transaksi dengan saldo ShopeePay,” jelas Cindy.

Ia menyebut saat ini, ShopeePay sudah terintegrasi dengan 3,7 juta merchant QR Indonesia Standard (QRIS). Dari jumlah tersebut, terdapat lebih dari 2,5 juta pelaku usaha mikro, sesuai dengan antusiasme dari anjuran kebijakan yang dikeluarkan dan diapresiasi oleh Bank Indonesia.

Ia menambahkan ShopeePay berkomitmen mendukung UMKM dengan melakukan berbagai kebijakan. Pertama, dukung bisnis UMKM secara digital di beberapa merchant offline rekanan ShopeePay. 

Ia menyebut para pengguna berkesempatan untuk mendapatkan promo cashback sampai dengan 60% di outlet merchant offline. Maupun melalui voucher cashback yang bisa didapat di aplikasi Shopee guna meningkatkan transaksi di mitra merchant UMKM.

Baca Juga: Fitur scan QR code ShopeePay sudah terintegrasi dengan 3,7 juta mercant QRIS

Kedua, menyediakan sarana kemudahan transaksi non-tunai atas produk lokal berstandar global lewat Kreasi Nusantara yang terdapat di aplikasi Shopee. Hal ini sejalan dengan antusiasme pemerintah dalam gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia yang bertujuan untuk mendorong keberlangsungan bisnis mikro dalam masa pandemi.

“Ketiga, dukungan terhadap transaksi penjualan UMKM yang dihadirkan melalui berbagai penawaran menarik seperti cashback dan voucher gratis ongkos kirim di berbagai kampanye Shopee, seperti contoh pada puncak kampanye 8.8 Mid Year Sale, menggunakan metode pembayaran ShopeePay,” pungkas Cindy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×