Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada jemaah haji dan umrah, salah satunya melalui kartu BSI Debit Mabrur yang merupakan penguatan dari kartu BSI Debit Haji. BSI menargetkan kartu BSI Debit Mabrur dapat terdistribusi sebanyak 200.000 kartu pada tahun pertama diluncurkan.
Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan, pihaknya melakukan penguatan kartu Debit Haji atau re-branding menjadi kartu BSI Debit Mabrur untuk semakin mempermudah kebutuhan transaksi para jamaah, baik saat di Tanah Suci maupun saat di Tanah Air. Hal ini juga sebagai wujud komitmen BSI memberikan layanan optimal kepada para jamaah haji dan umrah.
“Alhamdulillah, saat ini BSI adalah market leader tabungan haji di Indonesia. Pada musim haji tahun ini, lebih dari 80% nasabah haji Indonesia menabung di BSI. Untuk itu perseroan berkomitmen untuk meningkatkan layanan kartu debit haji yang fungsinya sama dengan kartu debit tabungan wadiah/mudharabah yang dapat digunakan di lebih dari 100 juta merchant jaringan Visa,” ujar Anton dalam siaran pers, Kamis (26/10).
Baca Juga: BSI Luncurkan Enam Produk Reksadana Syariah
Kartu BSI Debit Haji adalah fasilitas yang diberikan kepada nasabah BSI yang telah mendaftar dan mendapat nomor porsi BPIH haji atau nasabah yang mendaftar umroh. Kartu ini bisa digunakan untuk kebutuhan selama masa tunggu haji/ umrah, selama di Arab Saudi, dan setelah kepulangan ke tanah air.
Kartu BSI Debit Mabrur yang merupakan re-branding dari kartu BSI Debit Haji memiliki fungsi serupa yakni dapat digunakan untuk penarikan tunai dan berbelanja di merchant-merchant berlogo Visa, namun dengan cakupan lebih luas.
Kartu BSI Debit Mabrur yang didesign secara ekslusif dan modern tersebut dilengkapi dengan berbagai benefit tambahan yakni cashback transaksi di Arab Saudi, gratis biaya tarik tunai di Arab Saudi, serta kurs kompetitif untuk transaksi di luar negeri. Tidak hanya itu, pemegang kartu BSI Debit Mabrur juga dapat melakukan donasi saat bertransaksi di ATM BSI, serta berkesempatan mendapatkan promo menarik dari travel haji & umrah rekanan BSI dan merchant pilihan lainnya.
Anton menegaskan bahwa upaya mendorong masyarakat untuk berhaji terus dilakukan, mengingat potensi sektor tersebut yang sangat besar. Sebagai gambaran, dalam pelayanan haji pada 2023, BSI melayani lebih dari 171.000 keberangkatan haji reguler atau lebih dari 81% jamaah haji Indonesia. Sedangkan keberangkatan haji khusus yang menggunakan layanan BSI mencapai 8.030 jamaah haji.
Baca Juga: Dukung Indonesia Bebas Emisi Karbon, BSI Fokus di Lima Sektor Utama
Pada 2022, BSI melayani lebih dari 892.000 jamaah khusus umrah dari berbagai perusahaan travel rekanan BSI. Angka ini mencapai sekitar 89% dari total jamaah umrah nasional pada tahun lalu.
Khusus untuk nasabah baru kartu BSI Debit, lanjut Anton, sepanjang tahun berjalan hingga Agustus 2023 BSI mencatatkan pertumbuhan sebanyak 1,5 juta nasabah baru pemegang kartu. Angka ini naik 50% secara year on year (yoy).
Presiden Direktur Visa Indonesia Riko Abdurrahman menyambut baik peluncuran kartu BSI Debit Mabrur yang menggunakan jaringan Visa.
“Visa bersyukur dapat terus mendukung perkembangan pembayaran digital di Indonesia, khususnya bersama BSI melalui kartu BSI Debit Mabrur,” katanya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News