Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Khomarul Hidayat
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja industri asuransi jiwa mulai menanjak. Salah satunya disumbang saluran distribusi bank atau bancassurance yang menyumbang premi paling besar dari kanal lain.
Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), industri asuransi jiwa mencatatkan premi dari bancassurance senilai Rp 70,34 triliun atau meningkat 11,8% yoy pada kuartal III-2021. Kanal ini menyumbang porsi terbesar yakni 47,1% dari total premi industri.
Pertumbuhan premi bancassurance sejalan dengan ramainya kerja sama antara perusahaan asuransi dengan bank untuk memasarkan produk proteksi ke nasabah. Yang terbaru, PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) bekerja sama dengan PT Bank Permata Tbk (PermataBank) melalui jalur distribusi bancassurance dengan meluncurkan produk asuransi AVA iLife Protection.
Windawati Tjahjadi, Presiden Direktur Astra Life mengatakan, di awal tahun 2022 saat masyarakat sudah mulai beraktivitas kembali, menjadi momentum yang tepat bagi Astra Life dan PermataBank melalui jalur distribusi bancassurance dengan meluncurkan AVA iLife Protection.
Baca Juga: Tiga Bank Ini Catatkan Pertumbuhan Pendapatan dari Bisnis Bancassurance
AVA iLife Protection merupakan produk asuransi jiwa murni yang fleksibel dengan keunggulan nasabah bisa menyesuaikan kebutuhan perlindungan jiwa dengan perubahan gaya hidup dan tahapan kehidupan.
"AVA iLife Protection juga memberikan kemudahan perlindungan tanpa pemeriksaan medis dengan nilai pertanggungan hingga Rp 5 miliar”, ujar Windawati Rabu (9/2).
BNI Life juga optimistis bisnis bancassurance tahun ini akan bertumbuh dan memberikan kontribusi yang baik.
Eben Esser, Direktur Keuangan BNI Life menyebut, kontribusi kanal bancassurance memang lebih besar daripada kanal keagenan karena BNI Life melakukan sinergi dengan perusahaan induk yakni BNI untuk mengoptimalkan potensi market yang ada di BNI dalam memasarkan produk asuransi jiwa.
"Di tahun ini kami berencana akan meluncurkan 4 produk baru (produk tradisional & unit link) melalui kanal bancassurance," kata Eben.
Per Januari 2022, jalur bancassurance BNI Life memberikan kontribusi 44% dari total perolehan premi. Adapun total pendapatan premi BNI Life dari bancassurance di tahun 2021 mencapai Rp 3,2 triliun.
Eeben menyebut, premi dari bancassurance meningkat, salah satunya dikarenakan kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki asuransi telah membaik. Selain itu, dukungan dari bank yang menjadi mitra bisnis dan penerapan marketing program yang baik membantu penjualan produk-produk bancassurance.
"Tahun 2022 ini kami menargetkan total pendapatan premi dari kanal bancassurance sebesar Rp 3,7 triliun," ujar Eben.
Hingga saat ini, untuk kanal bancassurance, BNI Life telah bekerjasama dengan BNI sebagai perusahaan induk dan juga Bank BJB.
Soal kasus unitlink yang akhir-akhir ini marak terjadi di kalangan nasabah, Eben mengaku, hal tersebut tidak berdampak kepada penjualan produk asuransi perusahaan terlebih kepada produk bancassurance. Terbukti pada bulan Januari 2022 total pendapatan premi bisnis baru (unit link dan tradisional) BNI Life meningkat 52,77% year on year.
Eben menjelaskan, hal yang harus ditekankan kepada nasabah dalam memasarkan produk unitlink bahwa produk ini bukan produk investasi tetapi produk asuransi jiwa yang di dalamnya terdapat fitur untuk melakukan investasi dan investasi memiliki risiko yang dipengaruhi oleh kondisi pasar investasi, kondisi perekonomian dan lainnya.
"Satu hal lagi yang harus disampaikan bahwa produk ini memiliki karakteristik jangka panjang sehingga ketika nasabah ingin membeli produk unitlink perlu mengukur pola cash flow yang dimiliki sehingga tercapainya tujuan yang direncanakan," terang Eben.
Menurutnya, sejauh ini BNI Life masih menunggu aturan final dari regulator dan akan menyesuaikan proses penjualan produk PAYDI khususnya unit-link dengan aturan baru yang akan ditetapkan.
Baca Juga: OJK Larang Bank Jual Unitlink Perusahaan Asuransi Bermasalah, Ini Kata BNI
Sementara itu, Generali Indonesia saat ini memilki multi kanal distribusi, baik dari jalur keagenan, kemitraan dengan bank atau institusi lainnya, serta melalui jalur pemasaran langsung. Saat ini, dari seluruh kanal distribusi, keagenan masih mendominasi perolehan total premi.
"Kami berharap adanya kombinasi kanal distribusi ini akan mendukung penetrasi asuransi, dan melindungi lebih banyak masyarakat. Sesuai dengan terus membaiknya kondisi ekonomi, diharapkan akan memberi stimulus untuk menggerakan pertumbuhan asuransi," kata Marketing and Communication Group Head Generali Indonesia Vivin Arbianti.
Untuk target, Vivin berharap, dapat memberikan perlindungan ke semakin banyak nasabah bank partner perusahaan. Karena, menurutnya, pandemi belum reda, risiko masih tinggi dan proteksi asuransi menjadi kebutuhan pokok saat ini untuk meminimalisir risiko finansial yang terjadi akibat sakit atau meninggal dunia.
"Untuk tahun ini sendiri, kami rencanakan lebih dari 10 produk baru akan kami persiapkan untuk jalur distribusi bancassurance, dan produk-produk ini kami siapkan sesuai dengan kebutuhan di masing-masing segmen pasar," ujar Vivin.
Baca Juga: Begini Jurus BCA untuk Mendorong Dorong Bisnis Bancassurance
Seperti diketahui, saat ini, Generali sudah bekerja sama dengan 9 bank partner, baik bank nasional maupun multinasional.
Vivin menambahkan, risiko kesehatan masyarakat saat ini kembali meningkat sebagai dampak dari penyebaran omicron. Risiko sakit dan kebutuhan perawatan rumah sakit masih tinggi, sehingga kebutuhan akan proteksi akan terus meningkat.
Dus, masyarakat tetap membutuhkan kepastian manfaat asuransi. Oleh karena itu mereka mencari produk asuransi yang memberikan kepastian perlindungan.
"Di Generali kami menghadirkan solusi melalui produk baru, BeSMART. BeSMART memiliki 3 fitur andalan, yaitu 100% pengembalian premi, fitur jaminan anti lapse yang memastikan polis tetap aktif selama selama 10 tahun dan juga RoboARMS yang telah terbukti kinerjanya dalam menjaga dan mengoptimalkan nilai investasi polis di segala kondisi," jelas Vivin
Vivin mengatakan, cara Generali untuk menjelaskan produk unitlink, yaitu sebelum para agen bisa memasarkan produk, tentunya perusahaan mempersiapkan mereka dengan berbagai pelatihan secara berkelanjutan dan membekali dengan lisensi resmi. Hal ini untuk menjaga kualitas dari para agen Generali.
Menurut Vivin, salah satu fokus dari pelatihan itu juga memastikan nasabah mengerti dengan baik polis asuransi serta manfaat yang dimiliki karena itu adalah hak dari nasabah. Disaat yang sama Generali juga terus mengedukasi calon nasabah dan masyarakat tentang asuransi, baik dari sisi ragam dan juga karakteristik produk asuransi, agar dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.
Baca Juga: Astra Life Gandeng PermataBank Hadirkan Produk Asuransi AVA iLife Protection
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News