Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Sanny Cicilia
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kanal pemasaran lewat pialang menjadi salah satu andalan industri asuransi umum. Besaran komisi yang didapat pemain pialang pun disebut lebih tinggi ketimbang saluran lain.
Ketua Asosiasi Perusahan Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia (Apparindo) Harry Purwanto menilai hal tersebut merupakan hal yang wajar. Ia menilai komisi yang didapat pialang seharusnya memang lebih tinggi ketimbang saluran pemasaran lain.
Pasalnya ada sejumlah tugas yang diemban pialang yang tidak bisa dilakukan oleh kanal distribusi lain. Misalnya saja terkait survey dan konsultasi yang diberikan kepada calon nasbaah asuransi.
Selain itu Harry menyebut industri broker juga dibebankan sejumlah biaya lain mulai dari iuran kepada OJK sampai pajak. "Kami juga harus selalu memenuhi beberapa ketentuan dan aturan dari OJK," kata dia.
Namun di sisi lain ia pun mengakui industri ini masih punya sejumlah pekerjaan rumah untuk diperbaiki. Mulai dari permodalan hingga iklim bisnis yang lebih sehat.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News