kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Platform pengujian Central Bank Digital Currencies (CBDC) dari Mastercard


Rabu, 16 September 2020 / 23:24 WIB
Platform pengujian Central Bank Digital Currencies (CBDC) dari Mastercard
ILUSTRASI. Hari ini, Mastercard mengumumkan lingkungan pengujian virtual untuk bank sentral guna mengevaluasi kasus penggunaan CBDC. Platform ini memungkinkan simulasi penerbitan, distribusi, dan pertukaran CBDC antar bank, penyedia layanan keuangan, dan konsumen.


Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Seiring dunia berlomba-lomba untuk merangkul pembayaran digital, bank sentral juga melihat ke masa depan dan menyelidiki bagaimana mendukung inovasi sekaligus mempertahankan kebijakan moneter dan stabilitas keuangan saat mereka mengeluarkan dan mendistribusikan mata uang.

Faktanya, 80 persen bank sentral yang disurvei terlibat dalam beberapa bentuk pekerjaan Central Bank Digital Currencies (CBDC), dan sekitar 40 persen bank sentral telah berkembang dari penelitian konseptual hingga bereksperimen dengan konsep dan desain, menurut survei terbaru oleh Bank for International Settlements.

Hari ini, Mastercard mengumumkan lingkungan pengujian virtual untuk bank sentral guna mengevaluasi kasus penggunaan CBDC. Platform ini memungkinkan simulasi penerbitan, distribusi, dan pertukaran CBDC antar bank, penyedia layanan keuangan, dan konsumen. Bank sentral, bank komersial, dan perusahaan-perusahaan teknologi dan penasihat diundang untuk bermitra dengan Mastercard untuk menilai desain teknologi CBDC, memvalidasi kasus penggunaan, dan mengevaluasi interoperabilitas dengan jalur pembayaran yang ada dan tersedia untuk konsumen, serta bisnis saat ini.

Mastercard adalah pemimpin dalam pengoperasian berbagai jalur pembayaran dan bekerja bersama para mitra untuk memastikan level area yang setara bagi semua orang - mulai dari bank hingga bisnis hingga operator jaringan seluler - untuk membawa sebanyak mungkin orang ke dalam ekonomi digital. Mastercard ingin memanfaatkan keahliannya untuk memungkinkan pengembangan mata uang digital yang praktis, aman, dan terjamin.

“Bank sentral telah mempercepat eksplorasi mata uang digital mereka dengan berbagai tujuan, dari mendorong inklusi keuangan hingga memodernisasi ekosistem pembayaran,” kata Raj Dhamodharan, Executive Vice President, Digital Asset and Blockchain Products and Partnerships, Mastercard. “Mastercard mendorong inovasi dengan sektor publik, bank, fintech, dan perusahaan penasihat dalam eksplorasi CBDC, bekerja dengan para mitra yang sejalan dengan nilai dan prinsip inti kami. Platform baru ini mendukung bank sentral karena mereka membuat keputusan sekarang dan di masa depan tentang arah selanjutnya untuk ekonomi lokal dan regional,” tambah Dhamodharan.

Sheila Warren, Head of Blockchain, Digital Assets and Data Policy at the World Economic Forum, mengatakan: “Kolaborasi antara sektor publik dan swasta dalam eksplorasi Mata Uang Digital Bank Sentral dapat membantu bank sentral lebih memahami berbagai kemungkinan dan kemampuan teknologi yang tersedia sehubungan dengan CBDC. Bank sentral bisa mendapatkan keuntungan dari dukungan dalam mengeksplorasi rangkaian opsi yang tersedia bagi mereka sehubungan dengan CBDC, serta mendapatkan wawasan tentang peluang apa yang mungkin akan datang.”

CBDC dirancang agar nilainya setara dengan mata uang kertas suatu negara dan tunduk pada jaminan yang didukung pemerintah yang sama. Selain mencetak uang, bank sentral dapat menerbitkan CBDC sebagai representasi digital dari mata uang fiat suatu negara.

Mendorong Inovasi yang Terskalakan

Sementara berbagai model operasi potensial saat ini ada, pendekatan utama adalah bank sentral menerbitkan dan mendistribusikan mata uang, termasuk mata uang digital, melalui bank komersial dan penyedia pembayaran berlisensi lainnya. Mastercard memahami bahwa setiap bank sentral berbeda dalam eksplorasi CBDC, dan platform mereka siap untuk mengeksplorasi apakah CBDC sesuai dengan kebutuhan suatu wilayah atau negara. Platform virtual dapat disesuaikan secara individual dengan lingkungan tempat bank sentral beroperasi, memungkinkan mereka untuk:

- Mensimulasikan penerbitan CBDC, distribusi dan ekosistem pertukaran dengan bank dan konsumen, termasuk bagaimana CBDC dapat berinteraksi dengan jaringan dan infrastruktur pembayaran yang ada - misalnya, kartu dan pembayaran real-time.

- Menunjukkan bagaimana CBDC dapat digunakan oleh konsumen untuk membayar barang dan jasa di mana pun Mastercard diterima di seluruh dunia.

- Memeriksa berbagai desain teknologi CBDC dan kasus penggunaan untuk lebih cepat menentukan nilai dan kelayakan di pasar.

- Mengevaluasi upaya pengembangan CBDC termasuk pembangunan teknis, keamanan dan pengujian awal desain dan operasi.

Mata Uang Digital Bank Sentral Masa Depan

Mastercard berkomitmen untuk mendukung bank sentral dalam jalur yang mereka pilih untuk memodernisasi pembayaran saat mereka mencari solusi yang terintegrasi dengan berbagai cara pembayaran yang ada. Mastercard berkomitmen untuk mendorong kemitraan antara sektor publik dan swasta untuk bersama-sama mengubah cara orang dan bisnis bertransaksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×