kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,59   -6,76   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PNM Denpasar Catatkan Outstanding Pembiayaan Rp 85 Miliar hingga Awal Oktober 2022


Senin, 17 Oktober 2022 / 04:05 WIB
PNM Denpasar Catatkan Outstanding Pembiayaan Rp 85 Miliar hingga Awal Oktober 2022
ILUSTRASI. Petugas?PT Permodalan Nasional Madani (PNM)?bersama nasabah Mekaar PNM.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Permodalan Nasional Madani atau PNM Denpasar berhasil mencatatkan outstanding pembiayaan mencapai Rp 85 miliar hingga awal Oktober 2022.

Sementara dari sisi penyaluran, PNM Denpasar berhasil menyalurkan pembiayaan kepada nasabah PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) mencapai Rp 250 miliar.

Sementara, penyaluran kepada nasabah Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) naik 30% dari total Rp 700 miliar di tahun sebelumnya menjadi Rp 900 miliar hingga awal Oktober tahun ini. 

Dengan total nasabah menembus 375.000 untuk wilayah Denpasar yang mencakup provinsi Bali dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga: Permodalan Nasional Madani (PNM) Optimistis Penyaluran Pembiayaan Capai Rp 63 Triliun

"Saat pandemi kemarin lumayan berefek, tapi para nasabah didukung oleh relaksasi, dan sekarang sudah mulai membaik untuk non performing loan (NPL) ULaMM terjaga di level 0,6%, sementara Mekaar terjaga di level 0,98%," jelas Tatang Setyono, Pimpinan Cabang PNM Denpasar saat Media Gathering di Bali, Kamis (13/10).

Tatang juga menerangkan, peran dan dukungan PNM dilakukan kepada nasabah dengan pendampingan melalui pelatihan-pelatihan yang diberikan, seperti tata cara mengelola keuangan, manajemen pemasaran, dan literasi digitalnya dari hal-hal kecil seperti memasarkan lewat komunitas facebook, dan lain-lain.

"Di sisi lain tantangannya yaitu mereka para nasabah belum melek tekhnologi, oleh karena itu kita selalu memberikan pendampingan literasi digital, kita ajarakan dari cara memasarkan di media sosial, whatsapp," ujar Tatang.

Baca Juga: PNM Tingkatkan Pemberdayaan Pengusaha Ultra Mikro Perempuan

Tatang optimistis penyaluran pembiayaan dan NPL masih akan terjaga hingga akhir tahun, karena menurutnya, salah satu modal PNM yakni, memberikan pendampingan, pelatihan, apalagi ada Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU), para nasabah berkomunitas dan bisa saling bertemu antar nasabah, dan menjadikan komunitas tersebut sebagai wadah bagi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×