kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,82   12,51   1.38%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Potensi Pasarnya Menggiurkan, Begini Bisnis Perbankan Nasional di Luar Negeri


Kamis, 26 Oktober 2023 / 20:24 WIB
Potensi Pasarnya Menggiurkan, Begini Bisnis Perbankan Nasional di Luar Negeri
ILUSTRASI. Kantor Cabang Luar Negeri BNI Tokyo, Jepang. Menggiurkan, Perbankan Nasional Sebut Pasar Luar Negeri Punya Peluang Bisnis Besar


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Pasar global menjadi peluang yang menarik bagi perbankan nasional. Untuk menangkap peluang tersebut, beberapa bank telah berekspansi membuka kantor cabangnya di luar negeri.

PT Bank Muamalat Tbk misalnya, bank ini sudah memiliki satu kantor cabang di Kuala Lumpur Malaysia yang dibuka sejak tahun 2009 lalu. 

Corporate Secretary Bank Muamalat Hayunaji mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempelajari rencana pembukaan kantor cabang di negara lainnya. Hal itu tak terlepas dari potensi bisnis pasar luar negeri yang menggiurkan.

"Namun demikian, hal tersebut tidak membatasi aktivitas pengembangan bisnis Bank Muamalat secara internasional karena kami memanfaatkan perkembangan teknologi serta kolaborasi yang sesuai dengan segmen dan kompetensi utama yang dimiliki oleh Bank Muamalat," kata Hayunaji kepada Kontan, Kamis (26/10).

Baca Juga: Kinerja Bisnis Wholesale BRI Semakin Solid

Adapun untuk kantor cabang Malaysia, Hayunaji menyebut hingga saat ini terus menunjukkan kinerja yang positif. Dia merinci, per September 2023, Bank Muamalat Cabang Kuala Lumpur telah mengelola dana pihak ketiga lebih dari Rp 1 triliun atau tumbuh 127% secara tahunan (yoy) dari periode yang sama tahun lalu.

Sementara untuk segmen pembiayaan, Bank Muamalat cabang Kuala Lumpur Malaysia ini telah menyalurkan sebanyak Rp 1 triliun, atau tumbuh sebesar 52% yoy dari tahun lalu.

"Kami meyakini peluang pasar di negara tersebut (Malaysia) cukup besar. Faktor pentingnya yakni kehadiran layanan dan produk perbankan syariah yang juga menjadi elemen penting bagi Bank Muamalat untuk masuk dan mengembangkan layanan di negara-negara tersebut," jelas Hayunaji.

Bank Muamalat memiliki total 235 jaringan kantor per 30 September 2023. 

Baca Juga: Berikut Langkah Bank Mandiri dan BCA Beri Kemudahan dalam Transaksi Remitansi

Lebih lanjut, untuk layanan di kantor cabang luar negeri, Bank Muamalat memberikan produk dan layanan Enterprise Banking serta produk dan layanan yang berfokus kepada diaspora Indonesia di luar negeri.

Adapun sejumlah produk dan layanan unggulan yang ditawarkan Bank Muamalat yakni Corporate Financing, Trade Finance & Bank Remittance dan Tabungan Haji bagi diaspora Indonesia yang berada di luar negeri.

Senada, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BNI) juga memiliki delapan kantor cabang di luar negeri. Secara rinci, kantor tersebut berada di Singapura, Kota New York Amerika, Kota London Inggris, Hongkong, Kota Tokyo dan Osaka (Jepang), dan Kota Seoul (Korea Selatan).

Sementara untuk kantor perwakilan, BNI baru saja membuka di Amsterdam Belanda pada tahun lalu.

Baca Juga: BNI Perkuat Tiga Strategi untuk Menjalankan Mandat Go Global

Direktur Wholesale & International Banking BNI Silvano Rumantir mengatakan tahun depan BNI akan merampungkan pembukaan kantor perwakilan di Sydney Australia. 

"Setelah nantinya beroperasi enam bulan atau satu tahun, baru kita bakal apply lagi untuk menjadi kantor cabang," ujar Silvano kepada Kontan belum lama ini.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×