kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Premi Bruto Asuransi Raksa Tumbuh 13,83% pada 2023


Senin, 06 Mei 2024 / 15:46 WIB
Premi Bruto Asuransi Raksa Tumbuh 13,83% pada 2023
ILUSTRASI. Peluncuran mobil klaim asuransi Raksa: Staf karyawan PT. Asuransi Raksa Pratikara (Asuransi Raksa) melayani nasabah di dalam Raksa Mobile Club sesaat sebelum peluncuran di Jakarta Pusat, Selasa (12/10).


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Asuransi Raksa Pratikara mencatatkan peningkatan premi bruto sebesar 13,83% secara tahunan pada tahun 2023. Kenaikan premi tersebut mendongkrak laba Raksa Pratikara secara signifikan.

Merujuk keterantangan tertulis dari Asuransi Raksa, yang dikutip Senin (6/5), laba bersih Raksa Pratikara tumbuh 3,70% secara tahunan menjadi Rp 110,27 miliar. Pertumbuhan laba Raksa Pratikara ini secara signifikan sejalan dengan membaiknya kondisi ekonomi Indonesia. 

Pada tahun 2023, premi bruto perusahaan meningkat lebih dari Rp 120 miliar menjadi Rp 998 miliar dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar Rp 877 miliar. Ekspansi strategis perusahaan ke berbagai lokasi di Indonesia juga telah menjadi katalisator penting dalam meningkatkan pendapatan premi bruto. 

Baca Juga: Asuransi Raksa Pratikara Perluas Jaringan Kantor Layanan

Beberapa lokasi kantor baru yang berhasil dibuka pada tahun 2023 antara lain Serang dan Karawang, yang telah berhasil memperluas jangkauan layanan kami kepada nasabah. 
Pertumbuhan pendapatan premi juga berdampak positif pada hasil underwriting perusahaan. 

Dengan menjalankan bisnis perasuransian dengan prinsip kehati-hatian, perusahaan berhasil mengelola dana hasil underwriting dengan efisien. Hasil underwriting pada tahun 2023 tumbuh menjadi 276 miliar, meningkat dari 259 miliar pada tahun sebelumnya.

Prestasi luar biasa perusahaan pada tahun 2023 tidak hanya tercermin dalam pertumbuhan pendapatan, tetapi juga dalam laba komprehensif yang mencapai Rp 110 miliar. Pertumbuhan profit yang signifikan ini tidak hanya berdampak pada peningkatan total aset perusahaan menjadi Rp 2,1 triliun. Seiring dengan peningkatan total aset perusahaan nilai ekuitas mencapai sebesar Rp 706 miliar.

Baca Juga: Pasarkan Bancassurance, Bank Oke Gandeng Asuransi Raksa Pratikara

Tentunya, Asuransi Raksa berupaya untuk meningkatkan performa bisnisnya dengan menerapkan berbagai strategi penyesuaian digitalisasi. Dengan komitmen yang tidak berubah, Asuransi Raksa akan terus meningkatkan kualitas layanan dan kinerja operasionalnya guna mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan.

Direktur Utama Asuransi Raksa, Edy, mengatakan pihaknya bersyukur bisa menutup tahun keuangan 2023 dengan baik meskipun memasuki semester II-2023 kondisi market terasa mulai berat. 

"Sepanjang 2023 kami terus memperbaiki layanan kepada nasabah serta internal proses yang lebih efisien melalui bantuan teknologi digital," ujarnya. 

Baca Juga: Suku Bunga Naik, Prospek Kredit Properti Syariah Semakin Cerah

Selain untuk mengejar pertumbuhan bisnis, lanjut Edy, ekspansi jaringan pemasaran tetap dilakukan dengan tetap menjaga prinsip yang prudent, termasuk dalam hal investasi, prinsip kehati-hatian tetap mereka jaga dengan hanya menempatkan investasi pada instrumen yang aman. 

"Saat ini hampir 80% dana investasi kami tempatkan di deposito sisanya di Surat Utang Negara,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×