kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prudential meramaikan persaingan mikro


Kamis, 18 April 2013 / 07:45 WIB
Prudential meramaikan persaingan mikro
ILUSTRASI. Produk solar panel untuk PLTS Atap?produksi PT Utomo Juragan Atap Surya Indonesia dengan merek Utomo SolaRUV.


Reporter: Feri Kristianto | Editor: Roy Franedya

JAKARTA. Persaingan bisnis asuransi mikro tahun ini makin semarak. Jumlah pemain asuransi yang menyasar kalangan kelas bawah ini bertambah. Jika sebelumnya hanya ada Asuransi Jiwasraya, Allianz Life, Avrist, serta MNC Life, kini PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) ikut menekuni.

Asuransi berbasis di Inggris tersebut meluncurkan PRUAman, produk khusus segmen mikro. Sasarannya, nasabah lembaga keuangan mikro (LKM). Prudential menawarkan empat jenis paket asuransi. Masing-masing paket memberikan manfaat bila tertanggung meninggal dunia.

Pemegang polis akan mendapatkan layanan dari mulai pelunasan cicilan hutang ke LKM hingga kompensasi sebesar tiga kali pinjaman.

Harga premi per produk mulai Rp 2.000 per tahun untuk pinjaman sebesar Rp 1 juta tenor satu tahun. Sedangkan paket asuransi terlengkap seharga Rp 7.000 per tahun untuk pinjaman Rp 1 juta tenor satu tahun.

Prudential menggandeng Koperasi Mitra Usaha Mandiri (MUM) sebagai jalur distribusi. Koperasi ini memiliki enam cabang di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Masing-masing beranggotakan 1.000 orang-1.500 orang.

Namun, di tahap awal mereka menggaet nasabah di Subang dan Karawang, Jawa Barat. "Ada rencana menggandeng mitra LKM lain tapi belum bisa disampaikan," kata Ahmir Ud Deen, Business Development Director Prudential Indonesia usai peluncuran produk, Rabu (17/4).

Wiliam Kuan, Presiden Direktur Prudential Indonesia, mengatakan produk ini akan menjadi salah satu portofolio penting. Sayang, dia enggan membeberkan target perusahaan.

Pasar mikro di Indonesia menggiurkan. Jumlah penduduk tanpa akses keuangan sangat besar. Mereka ini membutuhkan produk yang mudah, terjangkau, sederhana serta proses klaim cepat.

Bisnis asuransi mikro menjanjikan, karena pemainnya masih segelintir. Meski preminya mini, tetapi jumlah pemegang polis tumbuh pesat. Lihat saja di Asuransi Jiwasraya, pemegang polis mikro mencapai 1,2 juta. Kontribusi tahun 2012 sebanyak Rp 280 miliar tumbuh 20% dibandingkan tahun 2011 Rp 215 miliar.

Di MNC Life, per akhir Februari 2013, dari total 500.000 nasabah, 400.000 di antaranya nasabah individu. Artinya disumbangkan asuransi mikro andalan mereka Hario Siaga.Produk yang dijual dalam bentuk voucer ini seharga Rp 10.000 per bulan dan Rp 55.000 per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×