kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Realisasikan PSAK74, OJK Sebut Peran Aktuaris Sangat Penting dalam Industri Asuransi


Rabu, 13 Desember 2023 / 21:18 WIB
Realisasikan PSAK74, OJK Sebut Peran Aktuaris Sangat Penting dalam Industri Asuransi
ILUSTRASI. Asosiasi Kantor Konsultan Aktuaria Indonesia (AKKAI)


Reporter: Shifa Nur Fadila | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam acara HUTke - 32, Asosiasi Kantor Konsultan Aktuaria Indonesia (AKKAI), OJK sebut peran aktuaris sangat penting dalam industri asuransi.

Deputi Direktur Departemen Pengawasaan Jasa Penunjang II OJK, Husein Triharso turut serta menghadari acara HUT AKKAI ke - 32 tahun pada Rabu, 13 Desember 2023. Dalam acara tersebut Husein memaparkan pentingnya peran aktuaris dalam industri asuransi. 

"Aktuaris ini pegang peranan kunci, sangat penting dalam penghitungan kualitas penyajian data," ungkap Husein dalam keterangan resmi, Rabu (13/12).

Baca Juga: Masuki Usia 32 Tahun, AKKAI Komitmen Kembangkan Kolaborasi dan Pendidikan Aktuaris

Husein juga menyampaikan, harapan OJK kepada seluruh anggota AKKAI ke depannya bisa lebih profesional serta senantiasa menjalin sinergi dan kordinasi terutama dengan regulator dan stakeholder yang lain. Sehingga dapat bersama-sama menjaga peran kantor konsultan aktuaria terlebih di indutri asuransi dan ekonomi nasional.

Husein mengatakan, OJK telah mewajibkan perusaan asuransi memiliki aktuaris. Hingga akhir Desember 2023 ini harus ada minimal satu aktuaris internal. Hal ini selaras dengan ditetapkannya PSAK74 yang akan mulai berlaku awal tahun 2025.

"Aktuaris sangat penting untuk menentukan kordinasi perhitungan terkait penggunaan metode dan asumsi serta untuk validasi penyajian kualitas data selain itu juga berkontribursi pada manajemen risiko yang efektif khususnya pada perusahaan asuransi, maka OJK mewajibkan seluruh perusahaan asuransi memiliki aktuaris," ujar Husein.

Baca Juga: Aktuaris Banyak Diambil Perusahaan Lain, Zurich: Industri Asuransi Sedang Berkembang

Di sisi lain Husein juga menjelaskan terkait tantang terhadap pelaksanaan PSAK74. Tantang tersebut terkait koordinasi dimana harus ada sinergi yang baik diantara masing-masing, mulai dari perusahaan asuransi, kantor akuntan publik hingga dari sisi kantor konsultan aktuaria.

"Konsultan aktuaria ini harus memastikan  perusahaan asuransi tersebut telah menyajikan laporan serta memenuhi standar dan regulasi," kata Husein.

Husein menambahkan harapannya kantor konsultan aktuaria dapat lebih baik dan memberikan jasa profesional sehingga dapat mewujudkan industri asuransi yang sehat, kokoh dan bertumbuh untuk memberi sumbangsih yang besar pada perkembangan perekonomian Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×