kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.430.000   -10.000   -0,69%
  • USD/IDR 15.243   97,00   0,63%
  • IDX 7.905   76,26   0,97%
  • KOMPAS100 1.208   12,11   1,01%
  • LQ45 980   9,43   0,97%
  • ISSI 230   1,69   0,74%
  • IDX30 500   4,71   0,95%
  • IDXHIDIV20 602   4,65   0,78%
  • IDX80 137   1,32   0,97%
  • IDXV30 141   0,53   0,38%
  • IDXQ30 167   1,08   0,65%

Resmikan Mandiri Digital Tower, Erick Thohir Tekankan Pentingnya Cyber Security


Rabu, 18 September 2024 / 18:32 WIB
Resmikan Mandiri Digital Tower, Erick Thohir Tekankan Pentingnya Cyber Security
ILUSTRASI. Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) bersama Dirut Bank Mandiri Darmawan Junaidi serta jajaran direksi dan komisaris berpose usai peresmian Mandiri Digital Tower di Jakarta, Rabu (18/9/2024). Gedung perkantoran yang mencakup 32 lantai dengan total luas bangunan sekitar 70.000 meter persegi ini menjadi pusat inovasi digital bank Mandiri dan telah meraih sertifikasi platinum dari Green Building Council, yang sekaligus menempatkannya di jajaran bangunan ramah lingkungan di Indonesia. (KONTAN/Baihaki)


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri BUMN Erick Thohir telah  meresmikan Mandiri Digital Tower sebagai pusat inovasi teknologi informasi (TI) dengan konsep berkelanjutan milik PT Bank Mandiri Tbk. Peresmian Mandiri Digital Tower menjadi wujud transformasi digital bank berlogo pita emas ini dalam menghadapi tantangan di era teknologi.

Dalam sambutannya, Erick menyampaikan perubahan dunia dalam arah yang cukup ekstrem, di mana digitalisasi memainkan peranan yang besar, dalam hal baik maupun buruk. Sehingga, cyber security harus menjadi perisai utama apabila Bank Mandiri mau maju ke depannya.

“Pada faktanya, Bank Mandiri mempunyai sistem yang baik, dari SOP, Management, hingga talent pool unggulan,” ujar Erick di Jakarta (18/9).

Menteri BUMN menambahkan, transformasi di Bank Mandiri terus dilakukan termasuk dalam mentransformasi human capital khususnya dalam hal leadership yang salah satu turunannya mengenai the best defense dalam digitalisasi.

Dalam hal ini, ia menyoroti Bank Mandiri yang memiliki ‘Livin’ yang harus didorong menjadi agregator dalam hal payment dalam booking hotel, pesawat terbang, kereta api, dan lain-lain yang mana ekosistemnya memang sudah ada di BUMN.

Baca Juga: Bank Mandiri Gelar Livin’ Gamers Festival 2024, Tiketnya Mulai Rp0 di Livin’ Sukha

“Apabila kita bangun secara maksimal maka kita bisa menjadi leading sector di market digital, hal ini lah yang didorong oleh Menteri dan Wakil Menteri di Kementerian BUMN dan saya yakin Mandiri dengan Livin-nya bisa,” tambah Erick.

Erick berharap agar Bank mandiri dapat memperkuat data center sebagai tindak lanjut dari pendirian Mandiri Digital Tower yang dapat menjadi backbone bagi dunia digitalisasi di BUMN. Erick menambahkan, dengan progres-progres dan loncatan-loncatan yang terus dilakukan, Bank Mandiri bisa menjadi leading financial company di Asia Tenggara pada tahun 2032.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menambahkan gedung ini telah meraih sertifikasi platinum dari Green Building Council yang sekaligus menempatkannya di jajaran bangunan ramah lingkungan di Indonesia.

"Kami berusaha memastikan bahwa setiap langkah yang diambil sejalan dengan strategi kami untuk lebih Adaptif dan Solutif,” ujar Darmawan.

Darmawan menjelaskan, gedung perkantoran ini mencakup 32 lantai dengan total luas bangunan sekitar 70.000 m2, dan dilengkapi dengan fasilitas canggih seperti auditorium berkapasitas 500 orang, ruang olahraga, food court, dan akan dilengkapi daycare serta klinik kesehatan. Dengan komitmen terhadap efisiensi energi, gedung ini dilengkapi dengan panel surya 81 kWp, kaca Low E untuk meminimalkan penggunaan energi, dan sistem pencahayaan otomatis berbasis sensor.

Selain itu, gedung ini juga dilengkapi teknologi Lift Regenerative Drive dan Destination Control System (DCS) untuk mengurangi konsumsi energi hingga 50%. “Mandiri Digital Tower akan menampung lebih dari 4.400 pegawai yang terlibat dalam pengembangan dan pengelolaan teknologi informasi di Bank Mandiri,” imbuh Darmawan.

Menurutnya, Mandiri Digital Tower tidak hanya mendukung kegiatan operasional TI internal Bank Mandiri tetapi juga menjadi pusat inovasi digital yang melibatkan berbagai stakeholder di sektor perbankan dan teknologi. Bank Mandiri berharap gedung ini akan menjadi katalisator bagi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dan memperkuat daya saing perseroan di pasar global.

Selanjutnya: Virgin Airlines Jadi Maskapai Internasional Pertama Pengguna Avtur SAF Pertamina

Menarik Dibaca: Cara Aktifkan Pengingat Batasan Pengisian Daya di iOS 18 untuk Jaga Kesehatan Baterai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×