kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Seiring program PEN, Bank Mandiri bakal dorong penyaluran KUR sepanjang tahun 2021


Kamis, 20 Mei 2021 / 17:50 WIB
Seiring program PEN, Bank Mandiri bakal dorong penyaluran KUR sepanjang tahun 2021
ILUSTRASI. Petugas melayani nasabah di kantor cabang Bank Mandiri, Bintaro, Tangerang Selatan, Senin (26/4/2021). (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyambut baik kebijakan pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk mengoptimalkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), sejalan dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). 

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rudi As Aturridha bilang berkomitmen untuk mendorong perekonomian, terutama pada segmen UMKM yang menjadi tumpuan pertumbuhan ekonomi. Hal ini ditunjukkan lewat penyaluran KUR Bank Mandiri yang hingga akhir April 2021 telah menembus Rp 13,1 triliun.

“Hingga April 2021, Bank Mandiri telah menyalurkan KUR sebesar Rp 13,1 triliun dan disalurkan kepada 135.538 debitur. KUR tersebut telah disalurkan ke sektor produksi sebanyak Rp 7,53 triliun atau sebesar 57,5% dari total penyaluran,” ungkap Rudi dalam keterangan resminya, Kamis (20/5).

Baca Juga: Bank Banten bakal akselerasi perbaikan kinerja dan transformasi digital

Lanjut Rudi, Bank Mandiri juga akan fokus menyalurkan KUR pada sektor produksi sesuai arahan dari pemerintah. Adapun, penyaluran KUR Bank Mandiri saat ini didominasi oleh sektor pertanian dengan realisasi sebesar Rp 3,5 triliun atau sekitar 27,17% dari total penyaluran KUR perseroan. 

Selain itu, Bank Mandiri juga akan turut serta mendukung kebijakan pemerintah untuk menaikkan plafon KUR tanpa jaminan dari Rp 50 juta menjadi Rp 100 juta dan memperpanjang tambahan subsidi bunga KUR sebesar 3% yang semula sampai Juli 2021 menjadi diberlakukan hingga Desember 2021. “Kami sangat mendukung kebijakan tersebut karena akan dapat meningkatkan serta memperluas akses pembiayaan murah yang bisa dinikmati pelaku UMKM di tengah pandemi ini,” sambung Rudi. 

Sementara itu, melihat animo masyarakat yang tinggi terhadap KUR, Bank Mandiri juga telah mengusulkan penambahan plafon KUR dari yang saat ini sebesar Rp 31 triliun. “Kami masih menunggu keputusan pemerintah terkait usulan tersebut,” pungkas Rudi. 

Selanjutnya: Bank Syariah Indonesia resmikan unit pengelola zakat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×