kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.533.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.180   20,00   0,12%
  • IDX 7.096   112,58   1,61%
  • KOMPAS100 1.062   21,87   2,10%
  • LQ45 836   18,74   2,29%
  • ISSI 214   2,12   1,00%
  • IDX30 427   10,60   2,55%
  • IDXHIDIV20 514   11,54   2,30%
  • IDX80 121   2,56   2,16%
  • IDXV30 125   1,25   1,01%
  • IDXQ30 142   3,33   2,39%

Sejumlah Asuransi Umum Catatkan Kinerja Positif pada Kanal Digital, Ini Strateginya


Jumat, 15 November 2024 / 20:23 WIB
Sejumlah Asuransi Umum Catatkan Kinerja Positif pada Kanal Digital, Ini Strateginya
ILUSTRASI. Ejumlah perusahaan asuransi umum mencatatkan kinerja positif pada kanal digital hingga kuartal III-2024./pho KONTANCarolus Agus Waluyo/26/01/2023.


Reporter: Nadya Zahira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah perusahaan asuransi umum mencatatkan kinerja positif pada kanal digital hingga kuartal III-2024. Hal ini tercermin dari pertumbuhan pendapatan premi dan jumlah polis yang terjual. 

Salah satunya seperti, PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), di mana penjualan asuransi kanal digital perusahaan naik 25% secara year on year (YoY). Ditambah pendapatan premi juga tumbuh 5%, apabila dibandingkan dengan priode yang sama di tahun sebelumnya. 

Sekretaris Perusahaan Asuransi Jasindo, Brellian Gema mengatakan, perusahaan terus berkomitmen meningkatkan layanan kepada masyarakat dengan menghadirkan inovasi digital yang memberikan pengalaman menarik dan memuaskan bagi pengguna. 

Baca Juga: Jasindo Beberkan Alasan Asuransi Kecelakaan Diri Begitu Dibutuhkan Masyarakat

Selain itu, Gema menuturkan bahwa Asuransi Jasindo berharap bisnis yang bersumber dari saluran digital dapat memberikan kontribusi yang lebih besar lagi dari total pendapatan premi perusahaan. Rencana tersebut didasari dari profil risiko yang dikelola saluran digital, yang mana bisnis tersebut menghasilkan hasil underwriting yang baik.

“Di tahun depan, Asuransi Jasindo juga akan berencana akan melakukan kerja sama dengan para Insurtech yang berfokus kepada pengembangan dan pemasaran produk asuransi properti, asuransi kecelakaan diri, dan asuransi-asuransi simple risk yang berbasis short period,” kata dia kepada Kontan.co.id, Jumat (15/11). 

Asuransi Jasindo juga melakukan inovasi dari berbagai lini termasuk proses bisnis. Salah satu inovasi yang berfokus pada digitalisasi adalah akseptasi dan klaim, oleh sebab itu Asuransi Jasindo menghadirkan digital insurance solution melalui berbagai jenis layanan digital.

“Untuk pembelian produk asuransi perjalanan dapat dilakukan melalui website www.jasindotravel.co.id termasuk proses klaim, kemudian untuk produk asuransi kendaraan bermotor, Asuransi Jasindo juga menghadirkan layanan klaim berbasis digital yaitu Claim Motor System (CMOS),” imbuhnya. 

Baca Juga: Sejumlah Perusahaan Asuransi Umum Catat Kenaikan Premi

Melalui Asuransi Perjalanan dengan berbagai perlindungan tambahan seperti visa protection, perlindungan gadget dan barang mewah, serta layanan medis darurat, Asuransi Jasindo berusaha memberikan manfaat yang maksimal bagi nasabah. 

Selaras dengan hal ini, Perusahaan asuransi umum, PT Asuransi Tokio Marine Indonesia juga mencatatkan kinerja yang cukup baik pada asuransi kanal digital. Di mana, pertumbuhan Compounded annual growth rate (CAGR) mencapai 85% dalam empat tahun terakhir, meski penjualan dari kanal digital ini masih dalam tahap pertumbuhan. 

“Melihat potensi besar dari kanal ini, kami optimis sektor digital akan terus tumbuh signifikan dalam waktu mendatang,” ujar President Direktur Tokio Marine Indonesia, Sancoyo Setiabudi kepada Kontan.co.id, Jumat (15/11). 

Sancoyo mengungkapkan bahwa Tokio Marine senantiasa melakukan sejumlah strategi agar pemasaran kanal digital bisa makin masif ke depannya. Di antaranya yaitu, dengan berfokus pada peningkatan customer experience, terutama melalui continous improvement pada UI/UX platform digital perusahaan agar lebih mudah diakses dan nyaman digunakan oleh nasabah. 

Baca Juga: Risiko Tinggi, Asuransi Kecelakaan Kian Dibutuhkan

“Kami ingin memastikan bahwa pelanggan memiliki pengalaman yang intuitif dan lancar saat mengakses produk-produk asuransi secara online,” kata dia. 

Selain itu, Tokio Marine juga aktif melakukan promosi melalui pemasaran digital dan media sosial yang disesuaikan dengan karakteristik target audience yang perusahaan tuju. 

Sementara itu, untuk mendorong lebih banyak transaksi melalui kanal digital, Sancoyo mengatakan bahwa Tokio Marine juga mempersiapkan berbagai program spesial yang dirancang khusus bagi pengguna platform online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×