kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Sejumlah Bank Gencar Kembangkan Fitur Layanan Investasi Melalui Mobile Banking


Selasa, 13 Juni 2023 / 19:11 WIB
Sejumlah Bank Gencar Kembangkan Fitur Layanan Investasi Melalui Mobile Banking
ILUSTRASI. Nasabah menggunakan aplikasi BTN Mobile. Bank-bank semakin gencar mengembangkan fitur-fitur pada layanan aplikasi mobile banking.


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank-bank semakin gencar mengembangkan fitur-fitur pada layanan aplikasi mobile banking. Maklum saja era teknologi digital menuntut perbankan menjadi semakin efisien demi memenuhi kebutuhan nasabah yang memiliki mobilitas tinggi.

Terbaru, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN mengembangkan fitur aplikasi BTN Mobile menjadi semakin lengkap dengan menambah empat fitur barunya untuk mempermudah transaksi valuta asing (valas).

Empat fitur terbaru tersebut akan terhubung dengan “Tabungan Felas”, yang merupakan solusi investasi dan transaksi dalam valuta asing dengan berbagai kemudahan dari Bank BTN. Empat fitur yang dapat digunakan dalam BTN mobil terkait  Tabungan Felas adalah fitur pembukaan rekening, jual beli valas, pembukaan depositif valas, dan info kurs valas.

“Empat fitur baru tersebut menjadi jawaban bagi para nasabah yang memiliki investasi, atau bisnis maupun kebutuhan transaksi yang aktif  dengan menggunakan mata uang asing,” kata Andi Nirwoto Direktur IT & Digital Bank BTN di Jakarta, Selasa (13/6).

Baca Juga: OJK Sebut Transaksi Keuangan Digital akan Terus Meningkat, Hal Ini Jadi Pendorongnya

Andi menjelaskan, fitur pembukaan rekening valas, atau  Open Saving Account Tabungan Felas memudahkan nasabah membuka rekening “Tabungan Felas” secara online melalui BTN Mobile.

Sementara fitur jual beli valas merupakan salah satu fasilitas yang disediakan BTN Mobile untuk memudahkan nasabah dalam melakukan jual beli valas secara online. Jual beli valas hanya dapat dilakukan pada rekening dengan CIF yang sama/pindah dana (own account).

Tidak ketinggalan, fitur info kurs valas yang dapat memfasilitasi nasabah dalam melakukan pencarian informasi terkait kurs valuta asing secara akurat dengan lebih mudah melalui BTN Mobile.

“Fitur yang juga menarik adalah  e-Deposito Valas  sebagai produk investasi simpanan berjangka dalam mata uang asing (USD) dengan suku bunga yang menarik dengan fitur ini nasabah dapat melakukan pembukaan e-Deposito Valas lebih mudah melalui BTN Mobile,” kata Andi.

Andi mengatakan, target dari penambahan fitur valas ini dapat mendorong nilai maupun jumlah  transaksi di aplikasi BTN Mobile.

Semakin lengkapnya layanan dan fitur yang disediakan oleh Bank BTN harapannya dapat menjadi daya tarik tidak hanya bagi nasabah eksisting, tapi juga dapat meningkatkan jumlah akuisisi pengguna khususnya untuk pengguna yang membutuhkan layanan pembukaan tabungan/e-Deposito valas.

Senada, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI juga mengoptimalkan kinerja superapps BRImo dengan memberi fasilitas transaksi lintas negara bagi nasabah.

Melalui BRImo, nasabah BRI dapat memanfaatkan fitur layanan valas yang terdiri dari fitur buka rekening BritAma Valas, fitur konversi valas untuk keperluan top up saldo rekening, serta fitur transfer internasional untuk pengiriman dana valas ke berbagai negara di seluruh dunia.

Setidaknya BRI mengelola enam unit kerja luar negeri dan memiliki 10 perwakilan bank representative (BR) yang tersebar di wilayah Asia Tenggara, Asia Timur, dan Timur Tengah, serta memiliki kerjasama dengan lebih dari 100 perusahaan counterpart yang tersebar di berbagai negara.

Layanan valas BRImo menawarkan sejumlah manfaat seperti, nasabah memiliki akses membuka rekening valas untuk 10 jenis mata uang pilihan (USD, EUR, CNY, AUD, SGD, AED, GBP, JPY, HKD, dan SAR).

“BRI akan selalu mengoptimalkan jaringan global yang dimiliki dan membuka channel-channel baru dalam rangka memberikan layanan yang terbaik bagi nasabah,” kata Achmad Royadi, Senior Executive Vice President Treasury & Global Services BRI.

Fitur buka rekening valas memudahkan nasabah membuka rekening untuk melindungi aset valas yang dimilikinya dari dampak depresiasi nilai mata uang. Selain itu, untuk top up saldo rekening valas, fitur konversi valas menawarkan nilai exchange rate yang kompetitif (BRImo Rate). Nasabah bahkan bisa melakukan transaksi minimum sebesar Rp 200.000.

Transfer lintas negara juga bisa dilakukan melalui fitur transfer internasional. Fitur ini menawarkan layanan transfer ke lebih dari 200 negara dengan beberapa opsi jalur pengiriman yang disesuaikan untuk kebutuhan nasabah.

Begitu juga dengan PT Bank Mandiri Tbk. yang terus aktif memacu layanan Super App Livin’ by Mandiri dengan menambah fitur pembukaan rekening tambahan. Kehadiran fitur ini membuat nasabah pengguna bisa langsung melakukan pembukaan hingga lima rekening sekaligus tanpa perlu ke kantor cabang.

Bukan hanya itu, nasabah juga dapat secara leluasa memilih jenis kartu debit untuk setiap tabungan yang dimiliki, baik berupa kartu fisik, virtual, maupun keduanya.

Direktur Jaringan & Retail Banking Banking Bank Mandiri, Aquarius Rudianto menyampaikan rekening tambahan ini dapat dipergunakan nasabah untuk mengelola ragam kebutuhan finansial. Mulai dari tabungan dana darurat, pembelian, pembayaran atau untuk kebutuhan menabung lainnya.

Pasalnya, berbeda dengan tabungan rencana atau deposito, rekening tambahan yang dibuka di Livin’ by Mandiri bisa digunakan sebagai sumber pembayaran.

“Nasabah bisa cek-cek semua tabungan yang ada dari satu aplikasi, mulai dari tabungan utama maupun tambahan. Semua bisa dan dapat dilakukan langsung dari Livin’ by Mandiri. Satu aplikasi untuk semua tabungan, pinjaman serbaguna, kartu kredit, investasi, dan juga lifestyle,” jelas Aquarius.

Jumlah nilai transaksi Livin’ by Mandiri sampai dengan akhir April 2023 telah mencapai Rp 968,6 triliun. Jumlah tersebut meningkat 68% secara yoy dibandingkan posisi setahun sebelumnya.

Baca Juga: Transaksi Digital Industri Perbankan Melaju Pesat, Ini Juaranya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×