Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perkembangan ekonomi digital yang melejit, apalagi saat pandemi membuat industri perbankan tak mau ketinggalan kesempatan. Sejak akhir tahun lalu sejumlah bank mulai menambah fitur dalam platform mobile banking yang tak cuma terbatas terhadap layanan perbankan.
Sejak akhir tahun lalu misalnya PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) juga telah menambahkan menu lifestyle dalam BCA Mobile yang memungkinkan nasabahnya melakukan pemesanan tiket pesawat, hotel sampai membeli voucer gim.
EVP Secretariat and Corporate Communciation BCA Hera F Haryn kepada KONTAN sempat menjelaskan penambahan fitur ini dilakukan agar memudahkan nasabah perseroan agar tak perlu berganti aplikasi untuk memenuhi kebutuhannya.
Baca Juga: Ini dampak penerapan PPKM di Jawa dan Bali bagi sektor IKNB
BCA menawarkan fitur terbaru dari BCA Mobile yakni fitur Lifestyle yang mengakomodir kebutuhan hobi & hiburan nasabah, dimana nasabah tidak perlu pindah aplikasi lain untuk memesan hotel, membeli tiket pesawat atau kereta membeli voucher game,” kata Hera.
Lantaran transaksi dilakukan di platform mobile banking perseroan, sumber dana transaksi akan berasal dari rekening nasabah langsung. Ini bermanfaat untuk meminimalkan risiko kejahatan keuangan.
Penetrasi digital nyatanya tak akan cuma dilakukan sendirian oleh BCA, entitas anaknya yaitu PT Bank Digital BCA bahkan akan melangsungkan operasi perbankan sepenuhnya secara digital. “Bank Digital BCA akan diluncurkan tahun ini dan mengusung konsep branchless dengan pelayanannya akan dilakukan dalam aplikasi,” sambung Hera.
Baca Juga: Lagi, bos BCA jual 50.000 saham BBCA
Tanpa ekspansi cabang, Bank Digital BCA tentu akan lebih leluasa memanfaatkan platformnya untuk pengembangan lebih lanjut.
Selain BCA adapula PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) yang juga meluncurkan menu Travel Concierge dalam platformnya yaitu Octo Mobile.
Head of Digital Banking, Branchless and Partnership CIMB Niaga Bambang Karsono Adi mengatakan, tambahan fitur pada Octo Mobile, platform mobile banking perseroan dilakukan untuk menjadikannya sebagai super app.
Baca Juga: BCA blokir rekening donasi laskar FPI, ini alasannya
“Sebagai super app, aplikasi digital banking saat ini tidak hanya menyediakan produk-produk perbankan atau transaksi finansial, namun juga dapat menjembatani berbagai aktivitas yang dibutuhkan nasabah dalam kehidupan sehari-hari,” kata Bambang.
Adapun Direktur Konsumer Bank CIMB Niaga Lani Darmawan bilang transformasi Octo Mobile menjadi super app juga akan terus disempurnakan dengan menambah beberapa fitur lainnya dalam waktu dekat.
“Masih banyak fitur kami rencanakan akan kami rilis, sesuai kebutuhan nasabah Octo Mobile juga akan tersambung dengan marketplace dan e-wallet yang ada di pasar,” jelasnya pada KONTAN, Jumat (8/1).
Selanjutnya: Bank Victoria siap terbitkan obligasi Rp 200 miliar
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News