kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,63   -8,92   -0.98%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sejumlah Multifinance Catat Pertumbuhan Pembiayaan Modal Kerja Hingga September 2023


Minggu, 15 Oktober 2023 / 21:43 WIB
Sejumlah Multifinance Catat Pertumbuhan Pembiayaan Modal Kerja Hingga September 2023
ILUSTRASI. Agen pemasaran lembaga pembiayaan melayani pengunjung pameran otomotif di Jakarta, Kamis (7/4/2022). Sejumlah Multifinance Catat Pertumbuhan Pembiayaan Modal Kerja Hingga September 2023.


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah perusahaan multifinance mencatatkan kinerja positif dalam pembiayaan modal kerja hingga September 2023.

Salah satunya Mandiri Utama Finance (MUF) yang berhasil mencatatkan kinerja positif dalam pembiayaan modal kerja. Terkait hal itu, Direktur Utama MUF Stanley Setia mengatakan nilai pembiayaan modal kerja hingga September 2023 sebesar Rp 584,3 miliar. 

"Angka itu naik 16,04%, jika dibandingkan September 2022 sebesar Rp 503,5 miliar," ucapnya kepada KONTAN.CO.ID, Jumat (13/10).

Stanley menerangkan kenaikan tersebut selaras dengan kenaikan total pembiayaan MUF tahun ini yang didorong oleh intensifikasi kerja sama dengan para mitra. Ditambah juga penambahan kapasitas MUF melalui penambahan jaringan. 

Baca Juga: Bunga Pinjol Dinilai Tinggi, MenkopUKM Minta Profil Risiko Borrower Diperbaiki

Sementara itu, dia mengatakan nilai pembiayaan modal kerja MUF hingga September 2023 tersebut setara dengan porsi 4% dari total penyaluran pembiayaan yang telah tersalurkan hingga September 2023 dengan total Rp 14,9 triliun.

Stanley menyampaikan MUF menargetkan pembiayaan modal kerja hingga akhir tahun ini sebesar Rp 603 miliar. Dia menyebut salah satu upaya yang diharapkan dapat mendorong pembiayaan modal kerja adalah peningkatan penyaluran pembiayaan pada segmen retail produktif.

Selain MUF, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance) juga berhasil mencatatkan pertumbuhan pembiayaan modal kerja hingga September 2023. Direktur Utama Adira Finance Dewa Made Susila mengatakan hingga September 2023, pembiayaan modal kerja perusahaannya mencapai Rp 879 miliar. 

Baca Juga: Bunga Fintech Lending Dinilai Tinggi, Profil Risiko Minta Diperbaiki

Made menerangkan pencapaian itu tumbuh 13,86% Month to Month (MtM), jika dibandingkan pembiayaan modal kerja hingga Agustus 2023 yang mencapai Rp 772 miliar.

"Adapun pembiayaan modal kerja didominasi oleh multipurpose loan," ucapnya kepada KONTAN.CO.ID, Jumat (14/10).

Sementara itu, Made menyampaikan Adira Finance menargetkan pembiayaan baru secara keseluruhan dapat tumbuh hingga 20% pada 2023. Dia mengaku optimistis dengan target tersebut dengan mempertimbangkan proyeksi pertumbuhan ekonomi yang masih cukup kuat sekitar 5% Year on Year (YoY). 

"Didukung oleh peningkatan konsumsi masyarakat, sektor pariwisata, dan kinerja ekspor yang cukup baik," ujarnya.

Made menerangkan Adira Finance telah menerapkan beberapa strategi untuk dapat modorong pembiayaan baru perusahaan, termasuk lewat pembiayaan investasi.

Baca Juga: Bunga Pinjaman Fintech Dipatok 0,4% per Hari, AFPI: Di Atas Itu Melanggar

Adapun beberapa strateginya, yaitu Adira Finance akan memperkuat dan meraih pangsa pasar di bisnis otomotif melalui diversifikasi produk dan menyediakan berbagai program penjualan yang menarik bagi nasabah.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×