Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi covid-19 yang terjadi pada tahun lalu nampaknya tidak menyurutkan kinerja dari PT Asuransi Jiwa Sequis Life (Sequis Life). Perusahaan masih bisa membukukan kinerja positif selama tahun 2020 dengan mencatat total pendapatan premi sebesar Rp 3,162 triliun dan laba bersih sebesar Rp 716,7 miliar.
Selain itu, aset yang dimiliki juga naik 6% dari tahun 2019 menjadi Rp 19,9 triliun. Rasio solvabilitas (Risk Based Capital/RBC) perusahaan masih tercatat 567% yang berarti lebih besar dari standar kecukupan modal yang ditetapkan oleh OJK.
Meski demikian, kinerja perusahaan di kuartal 1/2021 mengalami sedikit perlambatan dibandingkan tahun sebelumnya. Dari laporan keuangan konsolidasi menunjukkan Sequis berhasil membukukan Total Pendapatan Premi sebesar Rp 789,9 miliar, sedangkan Klaim dan Manfaat yang telah dibayarkan sebesar Rp 276 miliar.
Sepanjang tahun 2020 sampai dengan bulan Mei 2021, Sequis juga telah membayarkan total klaim kematian dan kesehatan terkait dengan Covid-19 sebesar lebih dari Rp 141 miliar.
Baca Juga: Berpotensi tumbuh pesat, Solusi Sinergi Digital (WIFI) perkuat layanan asuransi mikro
Sequis juga tetap berupaya mengoptimalkan strategi investasi dan mengutamakan disiplin pengelolaan risiko sebagai prioritas teratas.
President Director & CEO PT Asuransi Jiwa Sequis Life Tatang Widjaja mengatakan bahwa perusahaan terus memastikan investasi terkelola dengan baik walaupun dalam kondisi ketidakpastian pada masa pandemi, termasuk berbagai risiko krisis global.
“Kami terus berupaya mengelola investasi dengan bijak agar kinerja investasi tetap bisa berkembang dengan baik sehingga kekuatan finansial keuangan terjaga. Terutama bagi nasabah yang memiliki produk asuransi berbasis investasi (unit link), sedangkan pengelolaan investasi untuk produk asuransi tradisional dilakukan secara agregat (pool of fund).
Hal ini dilakukan agar aset dapat dikelola lebih efisien seiring dengan penerapan disiplin Manajemen Aset Liabilitas (ALM) sehingga dana investasi dapat ditempatkan Sequis dengan kesanggupan terbaik pada aset-aset dengan profil arus kas dan durasi yang sesuai dengan liabilitas perusahaan,” sebut Tatang dalam keterangan resminya, Kamis (1/7).
Baca Juga: Sequis luncurkan produk baru di kanal Super You by Sequis
Selain melakukan strategi optimalisasi produk yang sudah ada (existing product), perusahaan juga berupaya meningkatkan pemasaran lewat kanal digital.
Pada bulan Juni lalu, kanal pemasaran digital Super You by Sequis baru saja meluncurkan dua produk unggulan, yaitu Super Well Protection dan Super Care Protection, dua produk inovatif yang memberikan perlindungan kesehatan memadai dengan premi murah mulai dari Rp.50.000 per bulan untuk Super Well Protection dan Rp45.000 per bulan untuk Super Care Protection.
Sequis juga terus melakukan peningkatan pada layanan digital demi memberikan kemudahan bagi nasabah mendapatkan informasi terkait kesehatan dan perencanaan keuangan dengan meluncurkan aplikasi Sequis App yang dapat diunduh melalui App Store atau Google Play.
Selanjutnya: Aset Asuransi Jiwa Semakin Gendut, Daftar Perusahaan Terbesar Didominasi Asing
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News