kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sepanjang Tahun Ini, Bank Danamon Targetkan Pertumbuhan Kredit Menyentuh 10%


Selasa, 20 Februari 2024 / 14:11 WIB
Sepanjang Tahun Ini, Bank Danamon Targetkan Pertumbuhan Kredit Menyentuh 10%
ILUSTRASI. Pelayanan transaksi nasabah Bank Danamon Jakarta, Rabu (16/1). /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/16/01/2019.


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) optimis menghadapi tahun 2024 dengan melanjutkan raihan kinerja yang positif pada tahun lalu. Direktur Keuangan Danamon, Muljono Tjandra mengatakan tahun ini pihaknya menargetkan pertumbuhan kredit di kisaran 9% sampai 10% secara tahunan (year on year/YoY).

"Untuk pertumbuhan kredit kami akan mengacu pada guidance dari regulator, dimana kami fokusnya higher single digit atau lower double digit, di kisaran angka 9%-10%," kata Muljono, Senin (19/1).

Lebih lanjut Muljono mengatakan, optimisme proyeksi pertumbuhan kredit tersebut akan didukung oleh kondisi ekonomi yang baik sehingga perseroan bisa melakukan ekspansi bisnisnya. 

Sejalan dengan itu Muljono juga berharap dengan adanya perbaikan tingkat suku bunga acuan yang diramal bakal menurun tahun ini, akan dapat memperbaiki biaya dana atau cost of fund perbankan yang mahal, sehingga juga berdampak pada profitability perseroan.

Baca Juga: Laba Bank Danamon (BDMN) Tumbuh 6% Jadi Rp 3,5 Triliun pada 2023

Sementara itu Daisuke Ejima, Direktur Utama Danamon mengatakan pihaknya berhasil menutup tahun 2023 dengan rekor baru khususnya dalam penyaluran kredit. Hal ini tercapai melalui eksekusi strategi perseroan yang disiplin dan menguatnya kolaborasi secara grup dengan MUFG dan Adira Finance. 

"Sejalan dengan arahan strategis kami di tahun 2024-2026, hal ini memberikan landasan bagi Danamon untuk tumbuh sebagai financial group dan terus memberikan kontribusi nyata terhadap perekenomian Indonesia," ujarnya. 

Tahun 2023 lalu, Danamon telah menyalurkan kredit dan trade and finance sebesar Rp 174,9 triliun. Raihan tersebut tumbuh 19% YoY, dan menjadi rekor tertinggi dalam penyaluran kredit perbankan yang rata-rata pertumbuhannya mencapai 10% di sepanjang 2023.

Pertumbuhan kredit tersebut didukung oleh pertumbuhan dari keempat lini bisnis utama Danamon, dimana portofolio kredit konsumen menunjukkan pertumbuhan kredit tertinggi mencapai 41% YoY yang ditopang oleh partnership dengan perusahaan real estate Jepang dan akuisisi portofolio kredit konsumen Standard Chartered Bank.

Baca Juga: Inovasi BRI Dorong Inklusi Keuangan Masyarakat Batu Melalui Gerai SenyuM

Sementara itu segmen enterprise banking & financial institution memberikan kontribusi portofolio kredit tertinggi mencapai Rp 78,8 triliun, tumbuh 15% YoY.

Pertumbuhan kredit yang pesat ini didukung dengan manajemen kualitas aset yang baik. Rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) gross berhasil diturunkan menjadi 2,2%, dan rasio loan at risk (LAR) (termasuk restrukturisasi Covid-19 yang masih direlaksasi) berhasil turun menjadi 11,6%, membaik 100 basis poin (bps) YoY. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×