kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.440.000   -4.000   -0,28%
  • USD/IDR 15.339   1,00   0,01%
  • IDX 7.829   -2,64   -0,03%
  • KOMPAS100 1.196   2,88   0,24%
  • LQ45 970   3,33   0,34%
  • ISSI 228   0,02   0,01%
  • IDX30 495   1,66   0,34%
  • IDXHIDIV20 597   3,35   0,56%
  • IDX80 136   0,44   0,33%
  • IDXV30 140   0,56   0,40%
  • IDXQ30 166   1,10   0,67%

SMF Salurkan Pembiayaan Mikro Perumahan Lewat Bank Sahabat Sampoerna Rp 350 Miliar


Jumat, 30 Agustus 2024 / 12:56 WIB
SMF Salurkan Pembiayaan Mikro Perumahan Lewat Bank Sahabat Sampoerna Rp 350 Miliar
ILUSTRASI. SMF menyalurkan pembiayaan Refinancing Kredit Multi Guna Mikro kepada Bank Sahabat Sampoerna Rp 350 miliar.


Reporter: Aulia Ivanka Rahmana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) (SMF)  menyalurkan pembiayaan Refinancing Kredit Multi Guna Mikro kepada Bank Sahabat Sampoerna senilai Rp 350 miliar.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan oleh Direktur Sekuritisasi & Pembiayaan SMF yaitu Heliantopo, kemudian Direktur Finance & Business Planning Bank Sahabat Sampoerna yaitu Henky Suryaputra, serta disaksikan oleh Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo, dan Direktur Utama Bank Sahabat Sampoerna Ali Rumikjah.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan, skema ini diharapkan dapat memberikan akses pembiayaan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) guna mendukung pembangunan maupun renovasi rumah secara bertahap sesuai dengan kemampuan finansial mereka yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup dan kelayakan tempat tinggal mereka.

Baca Juga: SMF Akan Rilis Surat Utang Senilai Rp 1,69 Triliun

Adapun penyaluran pembiayaan refinancing KMG ini ditujukan tidak hanya untuk pelaku UMKM saja tapi juga pekerja penghasilan tetap. 

Bagi pekerja penghasilan tetap, pembiayaan ini dapat digunakan untuk merenovasi rumah, sementara bagi pelaku UMKM, pembiayaan ini bisa dimanfaatkan untuk merenovasi rumah yang juga dapat dijadikan tempat usaha.

Hingga saat ini, SMF telah menyalurkan refinancing dengan total sebesar Rp 99,5 triliun, yang mencakup dukungan bagi lembaga keuangan swasta serta pemerintah pusat dan daerah. Kerjasama ini bukan hanya merupakan pencapaian finansial semata, namun juga sebuah komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas hidup dan ekonomi masyarakat. 

"Banyak UMKM yang menjalankan usahanya di rumah sehingga ini merupakan salah satu wujud kolaborasi dalam mendorong perekonomian nasional melalui UMKM dan sektor perumahan yang memiliki multiplier effect yang tinggi, ujar Ananta dalam keterangan resminya, Jumat (30/8).

Refinancing Kredit Multi Guna Mikro Perumahan ini nantinya akan disalurkan oleh Bank Sahabat Sampoerna bagi calon debitur di seluruh wilayah Indonesia khususnya di seluruh area kantor cabang (Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua) untuk mendukung pendanaan bagi pelaku UMKM dalam melakukan pembangunan maupun renovasi rumah, pembuatan sertifikasi kepemilikan lahan, hingga pembangunan sanitasi tempat tinggal.

Baca Juga: Sarana Multigriya Finansial (SMF) Siapkan Dana untuk Lunasi Pokok dan Bunga Obligasi

Direktur Finance & Business Planning Bank Sahabat Sampoerna yaitu Henky Suryaputra menimpali, ia mengatakan kerja sama ini sejalan dengan visi misi Bank Sahabat Sampoerna yang fokus pada pengembangan UMKM dalam mensejahterakan masyarakat hingga di pelosok Indonesia. 

"Bukan hanya pembiayaan, tapi kita terus menggerakan bagaimana UMKM bisa tumbuh menjadi entrepreneur yang baik," tuturnya.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, kontribusi UMKM terhadap PDB Nasional mencapai sebesar 60,5%. Ini menunjukan bahwa UMKM yang ada di Indonesia memiliki potensi untuk dikembangkan hingga dapat memberikan dampak signifikan bagi perekonomian. 

SMF berharap, program pembiayaan ini diharapkan dapat menjangkau pelaku UMKM di seluruh Indonesia, terutama yang berada di wilayah-wilayah yang selama ini sulit dijangkau oleh layanan keuangan konvensional. Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan akan semakin banyak UMKM yang dapat merasakan manfaat dari pembiayaan mikro yang fleksibel.

Selanjutnya: Wijaya Karya (WIKA) Kerjakan Proyek di Terminal Manggis Bali Senilai Rp 475 Miliar

Menarik Dibaca: 9 Pilihan Daun untuk Mengobati Asam Lambung, Intip Daftarnya di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×