kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Strategi bank tingkatkan kredit konsumer di 2017


Senin, 09 Januari 2017 / 15:18 WIB
Strategi bank tingkatkan kredit konsumer di 2017


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Beberapa bankir berusaha meningkatkan penyaluran kredit konsumer pada 2017 di tengah risiko pertumbuhan kredit yang lambat di awal tahun. Apalagi daya beli tertekan karena kenaikan beberapa barang kebutuhan pokok, tarif listrik dan LPG 12 kg di awal tahun ini.

Direktur Konsumer BRI, Sis Apik Wijayanto mengatakan, bank akan melakukan kerja sama dengan beberapa institusi atau korporasi untuk menigkatkan kredit konsumer di antaranya KKB (kredit kendaraan bermotor) dan KPR (kredit pemilikan rumah).

"BRI tetap menjalin komunikasi dengan diler dan melakukan promo dan program khusus," ujar Sis Apik, Senin (9/1).

Kepala Divisi Bisnis Kredit Konsumer BCA Felicia Mathelda Simon mengatakan, untuk bisnis kartu kredit, bank akan banyak meningkatkan layanan dan loyalitas nasabah dengan beberapa promosi yang dilakukan.

"Bisnis kartu kredit tahun 2017 akan ada beberapa tantangan utamanya karena regulasi capping bunga kartu kredit sebesar 2,25% per Juni 2017," ujar Felicia.

Dengan adanya regulasi capping tersebut bank sebagai penerbit akan lebih efisien secara operasional dan promosi. Sedangkan dari sisi nasabah juga akan diuntungkan dengan adanya bunga yang lebih murah.

Direktur Konsumer CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, untuk 2017 fokus bank disektor kredit konsumer terutama untuk bisnis kartu kredit dan KPR. "Selain itu KKB sebagai pelengkap untuk memenuhi kebutuhan konsumer," ujar Lani.

Untuk mencapai target bank berkode emiten BNGA ini akan memperkuat pemasaran dan penjualan ke arah cross selling baik untuk nasabah baru maupun nasabah yang sudah ada. Selain itu untuk bisnis payroll CIMB akan bersinergi dengan nasabah UKM, komersial dan korporasi.

Lani menargetkan minimal pertumbuhan kredit konsumer pada kuartal 1 2017 ini akan sama dengan tahun lalu. Sedangkan BCA menargetkan untuk bisnis kartu kredit pada 2017 bisa tumbuh antara 8% sampai 10%. Untuk KPR BCA menargetkan tumbuh di angka 9% sampai 10%.

Adapun BRI pada 2017 ini menargetkan pertumbuhan kredit konsumer yang lebih agresif yaitu antara 14% sampai 16%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×