kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Suntik modal anak usaha, Mandiri siapkan Rp 2 T


Minggu, 14 Desember 2014 / 12:05 WIB
Suntik modal anak usaha, Mandiri siapkan Rp 2 T
ILUSTRASI. 5 Manfaat Moisturizer untuk Kulit, Gunakan Setiap Hari


Reporter: Maggie Quesada Sukiwan | Editor: Uji Agung Santosa

BUKITTINGGI. Menjelang pergantian tahun, PT Bank Mandiri Tbk telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 1,5-2 triliun untuk suntikan modal anak usahanya,  Bank Syariah Mandiri (BSM).

"Kalau BSM ke depan tumbuh di atas 20%, tiap tahun butuh tambahan modal Rp 300-500 miliar. Selain itu juga ada Mandiri Sekuritas, Mandiri Tunas Finance, dan sebagainya," ujar Managing Director Chief Financial Officer Bank Mandiri, Pahala N Mansury, Jumat (12/12).

Alokasi tersebut juga termasuk kebutuhan dana untuk pertumbuhan anorganik anak usaha, misalnya akuisisi, maupun organik seperti sistem pembayaran yang dimiliki para anak usaha bank berkode emiten BMRI tersebut.

Pahala berujar, pihaknya menargetkan pertumbuhan kontribusi laba bersih anak usaha menjadi 20-25% pada tahun 2020. Saat ini, kontribusi laba anak usaha Bank Mandiri masih kecil. Pahala memproyeksikan hingga akhir tahun nanti, para anak usaha dapat menyumbang laba bersih hingga Rp 1,9-2 triliun.

"Sepertinya dekat-dekat Rp 2 triliun bisa. Memang ada anak usaha yang miss, tapi ada juga yang melampaui," pungkasnya. Pertumbuhan lebih dari 20% terbilang harapan yang cukup berani. Akan tetapi, Pahala bilang bahwa target tersebut bukan mustahil.

Hal ini dikarenakan dalam 5 tahun terakhir, kontribusi laba anak usaha dapat tumbuh dua kali lipat. "Dulu 6-7%. Sekarang bisa double jadi sekitar 13%. Kalau ke 20% bisa, tapi butuh inisiatif, inovasi, cara jual dan produk yang lebih lagi," jelasnya.

Salah satu strategi yang disiapkan Bank Mandiri kepada para anak usahanya adalah optimalisasi dari sinergi dengan anak usaha. Pahala menjelaskan, misalnya saat ini masih banyak para nasabah Bank Mandiri yang mengajukan kredit kendaraan bermotor bukan dari pihak perbankan maupun anak usahanya. "Ini yang mesti kami optimalisasikan. Bagaimana kita bisa cross selling sehingga harus ada integrasi antar perusahaan," katanya.

Sehingga, lanjut Pahala,  apa dimiliki Bank Mandiri dapat dibagikan kepada para anak usaha. Mulai dari pengetahuan, informasi terkait data nasabah, hingga infrastruktur. "Bisa saja call center Bank Mandiri jadi call center anak-anak usaha," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×