Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan market research Ipsos in Indonesia merilis hasil survei kepuasan dan loyalitas pengguna uang elektronik. Survei itu menunjukkan ShopeePay menjadi dompet digital yang paling sering digunakan selama bulan Oktober dengan 34%. Lalu disusul oleh Ovo dengan 28% kemudian GoPay 17%, Dana 14%, dan Link Aja 7%.
Survei ini mengungkapkan ShopeePay juga berhasil mencatatkan pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi dalam tiga bulan transaksi, yakni 29% dari total nilai transaksi e-wallet di Indonesia. Sedangkan OVO hanya 27% dari total, kemudian oleh GoPay 22% dari total, Dana 14% dari total, serta LinkAja 7%.
Tingkat penggunaan yang tinggi dapat diilustrasikan dari tingginya nilai transaksi menggunakan merek-merek dompet digital di tengah kehidupan masyarakat. Dari pangsa pasar nilai transaksi, ShopeePay menjadi merek dompet digital yang mencatatkan pangsa pasar nilai transaksi terbesar, yakni 32% dari total nilai transaksi dompet digital di Indonesia, disusul oleh OVO 25% dari total, GoPay 21% dari total, DANA 14% dari total, dan LinkAja 8%.
Baca Juga: Ada asuransi proteksi layar smartphone di OVO, ini syarat dan ketentuannya
Data ini merupakan hasil dari survei yang dilakukan Ipsos in Indonesia secara online, dengan melibatkan 1000 responden, usia 18 tahun ke atas dengan pengalaman melakukan pembelian dengan menggunakan dompet digital. Juga melakukan pembelian di e-commerce dalam 2 tahun ke belakang.
“Selama pandemi Covid-19 ini, ada peningkatan 44% masyarakat Indonesia lebih sering menggunakan pembayaran non-tunai/cashless payment. Berdasarkan hal tersebut, Ipsos in Indonesia berinisiatif untuk mengadakan survei lebih lanjut, untuk mengetahui merek dompet digital apa yang memiliki kepuasan, loyalitas, dan persepsi pengguna yang paling unggul,” kata Soeprapto Tan, Managing Director Ipsos in Indonesia dalam keterangan tertulis pada Rabu (4/11).
Ia menyebut ShopeePay berhasil unggul sebagai merek dompet digital yang memiliki penetrasi tertinggi dalam tiga bulan terakhir, yakni 48% dari total pengguna dompet digital di Indonesia. Kemudian disusul Ovo 46% dari total, GoPay 35% dari total, kemudian Dana 26% dari total dan LinkAja 16% dari total.
Baca Juga: Masih punya bujet, Mandiri Capital akan berinvestasi ke fintech hingga tutup tahun
Hasil survei yang ada menunjukkan bahwa ShopeePay sebagai merek dompet digital dengan tingkat kepuasan pengguna paling tinggi 82% dibandingkan merek dompet digital lain. Ovo hanya 77%, Gopay sebanyak 71%, Dana senilai 69%, dan Link Aja sebesar 67%.
Selanjutnya: OJK Siapkan Inisiatif Strategis Pencegahan Korupsi Sektor Keuangan
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News













