kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tabungan haji perbankan terus tumbuh


Selasa, 12 Oktober 2021 / 19:50 WIB
Tabungan haji perbankan terus tumbuh
ILUSTRASI. Ilustrasi Tabungan Haji, keuangan syariah. KONTAN/BAihaki


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kabar dibukanya kembali layanan umrah dan haji menjadi angin segar bagi bisnis tabungan haji di perbankan. Hingga saat ini, jumlah dana haji terus bertambah dan diperkirakan tumbuh positif sampai tahun depan. 

UUS PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) misalnya, mencatatkan pengelolaan dana haji sebesar Rp 6,3 triliun per September 2021. Nilai itu meningkat hingga 134% dibandingkan realisasi Desember 2020. 

CIMB Niaga bahkan telah mempersiapkan produk tabungan haji bagi anak-anak dan remaja serta pendaftaran haji secara digital. Hal ini sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan pendaftar haji serta membantu nasabah untuk mendaftar haji sejak dini.

"Kami tetap berupaya menjaga pertumbuhan porsi haji di 2021 dengan program dan layanan yang memberikan kemudahan untuk berhaji kepada masyarakat dan calon nasabah baik yang telah siap daftar haji maupun baru mempersiapkan dana dengan menabung," kata Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara, Senin (11/10). 

Selain menggarap bisnis haji, CIMB Niaga terpilih sebagai bank penempatan, bank mitra investasi, bank pengelola nilai manfaat, dan bank likuiditas dana haji dari BPKH. Tahun ini, perusahaan mendapatkan target dari BPKH sesuai fungsi sebagai BPS-BPIH dalam penerimaan setoran haji. 

Baca Juga: CIMB Niaga Syariah akan akuisisi nasabah baru lewat fitur buka rekening online

Selain Cimb Niaga, PT Bank BCA Syariah juga mencatatkan pertumbuhan dari tahun lalu. Hingga September 2021, perusahaan telah kelola tabungan haji senilai Rp 14,6 miliar baik berbentuk deposito maupun giro. 

Direktur BCA Syariah Rickyadi mengungkapkan, kenaikan tersebut karena minat masyarakat pergi haji masih tinggi walau waktu tunggu cukup lama. Ia memperkirakan peminat haji semakin besar seiring pemulihan ekonomi dan vaksinasi Covid-19. 

Guna meningkatkan tabungan haji, perusahaan akan meningkatkan Layanan Syariah Bank Umum (LSBU). Layanan ini merupakan Sinergi BCA dan BCA Syariah untuk memberikan kemudahan nasabah melalui Layanan Penerimaan Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (LPS BPIH). 

Layanan ini tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dengan beroperasinya LSBU ini, calon Jemaah haji dapat melakukan penyetoran awal biaya ibadah Haji di cabang BCA yang ditunjuk dengan membuka tabungan Tahapan Mabrur. 

"Jadi kalau mau menyetor tidak perlu ke kantor BCA Syariah, ke kantor Bank BCA juga boleh sebagai perantara," ungkap Rickyadi. 

Sebelumnya, PT Bank Syariah Indonesia Tbk juga bekerjasama dengan BPKH sebagai Bank Penerima Setoran (BPS)-Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) periode 2021 – 2024.

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi berharap bisa menjalankan fungsi BPS-BPIH yang telah ditetapkan oleh BPKH. Melalui kerja sama ini, BSI berperan sebagai penerima, likuiditas, pengelola nilai manfaat, penempatan, mitra investasi, dan operasional BPKH.  

Saat ini ada dua produk milik BSI berupa BSI Tabungan Haji Indonesia dan BSI Tabungan Haji Muda Indonesia. Untuk mendapatkan fitur ini, nasabah melakukan setoran awal tabungan senilai Rp 100.000 untuk merencanakan ibadah haji sejak dini.

BSI juga mengelola dana haji yang dihimpun melalui giro dan deposito. Hingga Juni 2021 penghimpunan dana haji mencapai Rp 20,34 triliun dalam giro dan deposito. Perusahaan juga menyasar generasi muda.  

“Porsinya sekitar 20% dari total pendaftar haji di Indonesia. Hal itu menjadi salah satu spirit BSI untuk mengajak dan mengedukasi masyarakat dalam merencanakan ibadah haji melalui program Haji Muda Indonesia,” kata Hery.

BSI tengah mengembangkan layanan dan produk perbankan, dengan optimalisasi BSI Mobile untuk dapat membuka tabungan dan mengakses saldo tabungan haji. Ke depannya, nasabah dapat melakukan pembayaran haji secara daring tanpa harus datang ke kantor cabang.

Selanjutnya: Tabungan BTN Batara Haji Jamin Keamanan Dana Jemaah Haji

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×