kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tekan NPL, Ini Upaya BTN Bersih-Bersih Aset Mangkrak pada Tahun Ini


Selasa, 28 Maret 2023 / 17:21 WIB
Tekan NPL, Ini Upaya BTN Bersih-Bersih Aset Mangkrak pada Tahun Ini
ILUSTRASI. Gedung?Menara Bank BTN di Jakarta, Selasa (10/12/2019). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara (BTN) berencana menjual sejumlah aset mangkrak high risk dengan menggandeng PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) yang nilainya sekitar Rp 2 triliun. Cara ini dilakukan perseroan untuk membersihkan aset yang berkualitas buruk.

Direktur Assets Management BTN Elisabeth Novie Riswanti pun membenarkan hal tersebut. BTN disebut Elisabeth memang sedang dalam upaya untuk penjualan aset secara bulk

"Project NPL sales tersebut saat ini masih menunggu kajian dan dukungan dari pihak regulator OJK," ujar Elisabeth kepada kontan.co.id, Selasa (28/3).

Elisabeth tidak menjelaskan secara spesifik jenis aset busuk BTN yang dimaksud. Namun dia mengatakan salah satunya adalah aset berbentuk gedung seperti apartemen.

Baca Juga: Gelar Program THR Lebaran di Rumah Baru, Bank BJB Beri Tebar Hadiah

Menurutnya, proses bersih-bersih aset busuk melalui PPA itu sama dengan menukarnya menjadi aset yang sehat. Sebab nantinya setelah terjual, uangnya akan dibelikan surat berharga yang diterbitkan oleh BUMN.

Selain dengan strategi bulk sales, Bank BTN juga tetap menjalankan strategi penjualan aset bermasalah melalui Lelang. Bank BTN akan melakukan lelang expo yang direncanakan akan dilakukan pada kuartal kedua tahun 2023 ini.

Di samping itu, untuk meningkatkan jumlah investor yang potensial untuk melakukan pembelian aset bermasalah, Bank BTN juga secara rutin melakukan investor gathering.

Bank BTN juga terus mengembangkan Portal Rumah Murah BTN, sehingga aset Bank BTN yang siap jual dapat diakses secara lebih luas yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan aset bermasalah.

Penjualan aset bermasalah terhadap kredit yang dihapus buku pun disebut Elisabeth menunjukkan peningkatan. Hal ini tercermin dari recovery sampai dengan bulan Februari 2023 yang meningkat 91,5% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022. 

Baca Juga: Dorong Implementasi Bisnis Berbasis ESG, Bank Mandiri Pasang 556 Unit Panel Surya

Dengan berbagai upaya penyelesaian NPL di tahun 2023, Bank BTN menargetkan rasio NPL pada akhir tahun 2023 bisa di bawah 3%, jauh lebih baik jika dibandingkan pencapaian tahun 2022 yang sebesar 3,38%.

Berdasarkan laporan kinerja perseroan, total target penjualan aset BTN sebesar Rp 1,07 triliun, termasuk NPL sebesar Rp 800 miliar. Dengan estimasi pelepasan sekitar Rp 700 miliar. Hal tersebut bertujuan untuk menurunkan NPL sebesar 268 bps dan LAR sebesar 36 bp.

Tahap pertama penjualan aset pun dijadwalkan selesai pada kuartal I/2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×