kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.533.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.144   56,00   0,35%
  • IDX 7.081   97,33   1,39%
  • KOMPAS100 1.057   16,61   1,60%
  • LQ45 831   13,59   1,66%
  • ISSI 214   2,10   0,99%
  • IDX30 423   7,32   1,76%
  • IDXHIDIV20 510   8,15   1,62%
  • IDX80 120   1,80   1,52%
  • IDXV30 125   0,63   0,51%
  • IDXQ30 141   2,15   1,55%

Tidak andalkan grup, premi tumbuh 182%


Rabu, 09 Januari 2013 / 12:11 WIB
Tidak andalkan grup, premi tumbuh 182%
ILUSTRASI. Vaksinasi Karyawan


Reporter: Feri Kristianto, Annisa Aninditya Wibawa |

JAKARTA. Keputusan MNC Life Assurance (MNC Life) tidak terlalu mengandalkan pasar MNC Group berbuah hasil positif di tahun 2012. Kelompok usaha MNC Group ini mampu membukukan premi sekitar Rp 158  miliar, tumbuh 182,14% dibandingkan akhir tahun 2011. Dari angka tersebut, kontribusi premi dari karyawan MNC Group sekitar Rp 30 miliar. 

Menurut Patricia Rolla Bawata, Direktur Utama MNC Life, karena tidak mengandalkan limpahan premi grup, manajemen lebih giat memperbanyak jalur pemasaran. Ada tiga jalur yaitu keagenan, alternatif dan korporat.

Jalur keagenan saat ini mengandalkan 4.170 agen. "Kinerja kami di atas rata-rata nasional," ujar Patricia pada paparan kinerja, Selasa (8/1).

Keberhasilan tahun 2012 ditopang pula oleh perbaikan layanan. Asal tahu saja, tahun lalu MNC Life menerapkan program layanan uang muka klaim. Nasabah akan mendapat uang muka sebelum proses klaim selesai.

Selain itu, untuk menggenjot premi, MNC Life sengaja tidak membidik kelas atas dengan produk asuransi berbalut investasi alias unitlink. Pasalnya, persaingan di segmen ini sudah sangat ketat.

MNC Life justru mengincar pasar kelas menengah melalui produk asuransi jiwa mikro Hario Siaga. Produk yang dijual seharga Rp 10.000-Rp 55.000 dipasarkan melalui agen. Patricia mengakui kontribusi Hario Siaga masih minim. Namun, sepanjang 2012, produk ini mampu menjaring 100.000 nasabah dari total nasabah saat ini 400.000 orang.

Tahun ini, MNC Life akan perbanyak jalur pemasaran. Rencananya, ada delapan kantor baru sehingga total ada 20 kantor. Agen ditargetkan bertambah 4.000 orang. Selain itu, menjajal jalur perbankan alias bancassurance. Ada lima bank yang masuk radar bidikan, salah satunya Bank Jawa Barat Banten (BJB). Manajemen berharap, kerja sama ini sudah berjalan April 2013.

Dengan berbagai rencana itu, MNC Life menargetkan premi mencapai Rp 300 miliar tahun ini. Khusus produk Hario Siaga, perusahaan menargetkan kontribusi di kisaran Rp 120 miliar-Rp 150 miliar. Sedangkan unitlink ditargetkan Rp 50 miliar.

Gambaran saja MNC Life merupakan hasil akuisisi MNC Group terhadap PT UOB Life-Sun Assurance akhir 2010. Ketika diakuisisi, UOB Life-Sun Assurance hanya mengandalkan bank dengan aset Rp 40 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×