Reporter: Lidya Panjaitan | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mengadakan kerjasama pelayanan asuransi jiwa. Langkah pertama dimulai dengan penandatanganan MOU di kantor pusat BNI, Jakarta, Kamis (25/6).
Bentuk kerja sama yang dihasilkan berupa cash management services, custodian services, e-banking services, premium collection, claim payment, payroll dan bancassurance.
Ahmad Baiquni, Direktur Utama BNI, berharap kerja sama tersebut dapat berkembang lebih luas lagi seperti pembayaran premi melalui layanan e-channel seperti ATM dan SMS banking.
"Saat ini kami masih melakukan penandatanganan MOU. Kami harap kerja sama kedua pihak dapat diimplementasikan secepatnya. Semoga kerja sama ini dapat dijalankan di semester II nanti," kata Baiquni.
Melalui kerja sama ini, BNI juga memberikan kesempatan kepada perusahaan asuransi untuk mengembangkan nasabahnya.
Bukan hanya itu, Hendrisman Rahim, Direktur Utama Jiwasraya juga mengatakan, kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja masing-masing pihak.
Dalam bidang bancassurance, ini merupakan kali pertama BNI melakukan kerjasama dengan perusahaan asuransi jiwa milik Pemerintah Indonesia.
Sebelumnya, BNI sudah melakukan kerja sama dengan PT AIA Financial, PT CIGNA Life Insurance dan PT Sun Life Financial. BNI juga memiliki layanan bancassurance yang dinamai BNI life Insurance.
Menyinggung target fee based Income, Anggoro Eko Cahyo, Direktur BNI menjelaskan, target yang hendak dicapai khusus bancassurance pada semester II tahun ini tidak akan berbeda jauh dengan target di semester I 2015. Sementara itu total fee based income yang ditetapkan berkisar 23% hingga 25%.
Sementara Hendrisman mengakui bancassurance menyumbang premi yang cukup signifikan bagi Jiwasraya. Hingga saat ini perolehan premi bancassurance yang sudah dicapai sebesar Rp 1,9 triliun dari target Rp 3 triliun. Total target premi tahun ini berkisar Rp 10,8 triliun.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News