Reporter: Christine Novita Nababan | Editor: Uji Agung Santosa
JAKARTA. Banyak cara yang bisa dilakukan perusahaan asuransi untuk mendongkrak penjualan produknya. Seperti yang dilakukan PT AsuransiAdira Dinamika (Adira Insurance). Adira menempel Bank BRI Syariah dan Bank CIMB Niaga Syariah untuk penjual produknya di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010.
Jadi, pembelian kendaraan roda empat yang pembiayaannya lewat dua bank syariah tersebut, pertanggungan asuransinya akan menggunakan asuransi Adira Insurance. "Ini memang paket khusus," kata Bambang Haryanto, Kepala Departemen Syariah Adira Insurance, kepada KONTAN, Rabu (28/7).
Bambang mengklaim tawaran asuransi kendaraan ini tergolong istimewa. Sebab, tarif premi yang diberikan kepada nasabah cukup kompetitif dan dengan perlindungan yang lebih lengkap. "Kami juga memberi tambahan gimmick menarik, seperti suvenir atau cash back khusus di event ini," cetusnya.
Melalui IIMS 2010, anak usaha PT Bank Danamon Tbk ini membidik target penerimaan premi baru sekitar Rp 500 juta. Target perolehan premi itu berasal dari penjualan sekitar 250 unit kendaraan selama ajang pameran otomotif tersebut.
Target ini, menurut Bambang, tergolong ambisius mengingat ajang tahunan tersebut berlangsung hanya sembilan hari. "Tapi kami optimistis target tersebut tercapai dengan skema paket ini," tegas dia.
Selama ini, produk asuransi kendaraan bermotor memberi sumbangan 65% terhadap total penerimaan premi Adira Insurance. Kontribusi itu menyokong perolehan premi terbesar dibandingkan dengan produk lain.
Tahun lalu, asuransi kendaraan bermotor, baik kendaraan beroda dua maupun roda empat, menyumbang penerimaan premi sebesar Rp 524,9 miliar. Sementara total pendapatan premi yang dikantongi Adira Insurance mencapai Rp 807,7 miliar.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News