Reporter: Shintia Rahma Islamiati | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah tekanan daya beli masyarakat dan penurunan mobilitas selama musim Lebaran 2025, PT Asuransi Tokio Marine Indonesia (Tokio Marine Indonesia) tetap memasang target ambisius untuk lini asuransi perjalanan. Perusahaan membidik kenaikan premi lebih dari 100% atau hampir dua kali lipat dibandingkan target tahun sebelumnya.
Presiden Direktur Tokio Marine Indonesia, Sancoyo Setiabudi, mengungkapkan optimisme itu muncul seiring dengan kinerja positif yang dicatatkan pada awal tahun.
Hingga kuartal I-2025, pendapatan premi dari lini asuransi perjalanan tercatat tumbuh signifikan, yakni lebih dari 108% secara tahunan (year on year/YoY).
“Hal ini menunjukkan bahwa penurunan daya beli tidak menghambat permintaan masyarakat akan perlindungan perjalanan,” ujar Sancoyo kepada Kontan, Kamis (15/5).
Baca Juga: Premi Asuransi Perjalanan Tokio Marine Indonesia Tumbuh 70% hingga Desember 2024
Menurutnya, lonjakan premi didorong oleh meningkatnya kesadaran masyarakat akan risiko perjalanan, didukung oleh berbagai inovasi produk dan akses mudah melalui kanal digital. Penawaran menarik seperti promo eksklusif dan program loyalitas juga turut mendorong minat pelanggan.
Tokio Marine Indonesia mengandalkan strategi yang mencakup peluncuran produk sesuai kebutuhan musiman, seperti perlindungan khusus untuk mudik Lebaran, liburan sekolah, hingga tahun baru.
Perusahaan juga mengembangkan asuransi parametric yang menawarkan perlindungan atas risiko-risiko spesifik terkait aktivitas perjalanan.
Baca Juga: Tokio Marine Indonesia Sebut Pertumbuhan KPR Berdampak Positif bagi Asuransi Properti
Tak hanya fokus pada produk, Tokio Marine juga memperkuat kerja sama dengan agen perjalanan dan berbagai platform online untuk memperluas jangkauan pasar.
Langkah ini dibarengi dengan penguatan literasi asuransi melalui seminar, kampanye edukasi, dan pembaruan fitur digital untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan.
“Kombinasi ini memastikan pelanggan makin percaya dan memilih Tokio Marine sebagai mitra perjalanan mereka,” pungkas Sancoyo.
Baca Juga: Tokio Marine Indonesia Targetkan Pendapatan Premi Tumbuh 8%-10% pada 2025
Selanjutnya: Australia Dukung Indonesia Jadi Anggota OECD dan CPTPP
Menarik Dibaca: Edukasi Masyarakat, Lion Wings Luncurkan Layanan Periksa Gigi Keliling
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News