Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mencatat pertumbuhan transaksi melalui Cash Management System (CMS) atau Muamalat Digital Integrated Access (MADINA) sebesar 11% secara tahunan (year on year/yoy) hingga mencapai Rp 39,7 triliun per September 2024.
Sebagai perbandingan, pada periode yang sama tahun lalu, transaksi MADINA tercatat sebesar Rp 35,7 triliun. Frekuensi transaksi juga meningkat 26% yoy, mencapai lebih dari 1,2 juta transaksi.
SEVP Enterprise Banking Bank Muamalat, Irvan Yulian Noor, menyatakan bahwa pencapaian ini sejalan dengan peningkatan jumlah pengguna MADINA, yang naik 24% yoy menjadi 11.779 pengguna pada akhir September 2024.
Baca Juga: Pembiayaan Emas Bank Muamalat Tumbuh 191% Per Agustus 2024
Selain itu, layanan Virtual Account (VA) yang terintegrasi dengan MADINA juga menunjukkan peningkatan. Frekuensi transaksi VA Bank Muamalat naik 15% yoy, mencapai lebih dari 3 juta transaksi, sementara volume transaksi VA tumbuh 20% yoy menjadi hampir Rp 5 triliun.
"Alhamdulillah, kami bersyukur pertumbuhan layanan MADINA pada September 2024 rata-rata mencapai dua digit. Capaian positif ini membuktikan bahwa upaya kami yang gencar menjalin kerja sama dengan berbagai institusi dan implementasi sejumlah strategi selama ini sudah on the right track, sehingga mampu mendongkrak utilisasi layanan MADINA Bank Muamalat," ujar Irvan dalam keterangan resminya, Kamis (10/10).
Irvan juga menambahkan bahwa penerapan berbagai program konsisten menjadi faktor utama di balik pertumbuhan layanan MADINA setiap tahunnya.
Baca Juga: Bank Muamalat Gandeng Alto Network, Berikan Kemudahan Transaksi Top Up Flazz BCA
Salah satu program tersebut adalah MADINA Activation Program (MAP), di mana nasabah diberikan keuntungan berupa bebas biaya transaksi hingga 50 kali per bulan selama empat bulan berturut-turut untuk meningkatkan utilisasi layanan.
Bank Muamalat juga rutin menggelar MADINA Class Training (MCT) secara daring setiap minggu, yang ditujukan bagi nasabah baru maupun eksisting untuk segera mengaktifkan layanan MADINA dan menjadikannya sebagai bank operasional utama mereka.
Selain itu, bank syariah pertama di Indonesia ini juga melaksanakan MADINA Transactional Competition (MTC) dan Virtual Account Intensity Program (VIP).
Kerja sama yang erat antara Bank Muamalat dan berbagai institusi terbukti berdampak positif pada performa MADINA, terutama dengan fokus penetrasi pada sektor pendidikan, komunitas dan ekosistem muslim, rumah sakit, lembaga pemerintah, serta lembaga keuangan syariah seperti Bank Pembiayaan Rakyat Syariah.
Baca Juga: Bank Muamalat Hadirkan Layanan Fitur Pembayaran Ferizy
Sebagai informasi, MADINA adalah layanan internet banking untuk nasabah korporasi yang memungkinkan pemantauan dan transaksi perbankan non tunai secara real-time atas seluruh rekening di Bank Muamalat.
Layanan ini menawarkan dua opsi, MADINA Advanced dan MADINA Basic, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan administrasi dan transaksi nasabah. Layanan MADINA dapat diakses kapan saja melalui website resmi yang terkoneksi dengan internet, sehingga memudahkan transaksi bisnis nasabah.
Selanjutnya: IHSG Turun 0,28%, Simak Proyeksinya dan Rekomendasi Saham untuk Jumat (11/10)
Menarik Dibaca: Rekomendasi Sektor Saham Menarik dari MAMI Di Era Suku Bunga Turun
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News