kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45854,83   -7,61   -0.88%
  • EMAS917.000 -0,11%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Transaksi uang elektronik melesat pada momen Ramadan hingga Lebaran


Minggu, 16 Mei 2021 / 18:19 WIB
Transaksi uang elektronik melesat pada momen Ramadan hingga Lebaran
ILUSTRASI. Transaksi uang elektronik melesat pada momen Ramadan hingga Lebaran

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Transaksi elektronik melalui dompet digital meningkat sejak awal bulan Ramadan hingga Idul Fitri. Di tengah larangan mudik dan pembatasan sosial yang dilakukan pemerintah, masyarakat pun  melakukan kegiatan berbelanja dan bertransaksi secara online.

Seperti dompet digital DANA yang menyebut, dengan adanya pembatasan mudik dan tatap muka akibat pandemi, hal tersebut ikut berimbas pada penggunaan transaksi digital khususnya pada fitur Kirim Uang.

Oleh karena itu, DANA memproyeksikan peningkatan transaksi elektronik masih bisa terus terjadi bahkan selama hari raya Idul Fitri. Pasalnya, fitur Kirim Uang secara digital dapat menjadi solusi yang efisien untuk mengakomodir kebutuhan pengguna dalam berkirim uang yang kerap menjadi tradisi di hari raya. 

Monita Moerdani, Chief Marketing Officer DANA mengatakan, DANA memantau kenaikan yang hampir sama pada bulan Ramadan tahun lalu dan tahun ini. Menurut Monita, masa pandemi yang masih dilalui pada tahun 2021 ini, secara tidak langsung ikut menggerakkan transaksi digital termasuk lewat dompet digital DANA.

Baca Juga: Hati-hati, penjahat siber menyasar celah keamanan QR Code, begini cara mencegahnya

"Saat ini, DANA masih akan terus memantau fitur-fitur yang menjadi sorotan utama dalam program Ramadan Praktis DANA. Sebab, lonjakan transaksi dapat terjadi bahkan di hari raya Idul Fitri," kata Monita kepada kontan.co.id, belum lama ini.

Monita juga menjelaskan, peningkatan transaksi tidak hanya dirasakan pada fitur Kirim Uang, tetapi juga pada fitur Donasi dan Zakat serta Beli Game. Fitur Donasi dan Zakat masih menjadi salah satu fitur yang dimanfaatkan pengguna selama Ramadan mengingat caranya yang aman, mudah, dan nyaman, tanpa menggantikan esensi dari berdonasi dan berzakat. 

Peningkatan yang signifikan juga terjadi pada fitur Beli Game, DANA memantau selama bulan Ramadan, para pengguna juga banyak bermain gim selagi menunggu waktu berbuka. 

Ia menambahkan, transfer ke sesama pengguna merupakan salah satu fitur andalan DANA yang paling banyak dimanfaatkan oleh pengguna DANA. Di masa Ramadan pun, pihaknya memantau peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan ini juga didorong oleh kampanye program Ramadan Praktis DANA yang dikemas untuk mengajak pengguna merasakan kemudahan beraktivitas dan bertransaksi di bulan Ramadan lewat dompet digital DANA. 

Sementara itu, pada tahun ini DANA juga menargetkan transaksi hingga sampai dengan 400%. Kata Monita, persentase ini bervariasi tentunya untuk setiap use case yang telah pihaknya tetapkan menjadi pilihan dalam kampanye Ramadan tahun ini.

"Selain peningkatan transaksi, kami juga berharap bahwa peningkatan ini dapat ikut merefleksikan tingginya adopsi masyarakat terhadap transaksi digital. Dengan demikian, transaksi digital di bulan Ramadan akan menjadi kebiasaan baru yang akan terus dimanfaatkan masyarakat," sambung Monita.

Baca Juga: Tingkatkan digitalisasi, begini strategi Centrepark Citra Corpora

Monita mengatakan, DANA menginisiasi kampanye program ‘Ramadan Praktis DANA’ sepanjang bulan Ramadan dari tanggal 13 April hingga 9 Mei. Program ini menjadi salah satu strategi DANA untuk mendorong masyarakat memanfaatkan transaksi digital selama Ramadan dan merasakan kemudahan yang ditawarkan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×