Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) mencatatkan perkembangan yang positif terhadap transaksi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).
Dimana hingga semester I-2024 ini realisasi sales volume transaksi QRIS di merchant mencapai lebih dari Rp 370 miliar atau meningkat lebih dari 30% scara tahunan atau year on year (yoy).
Menurut Direktur Information Technology BTN Andi Nirwoto, saat ini fitur QRIS merupakan salah satu layanan perbankan yang sedang tren di kalangan masyarakat, hal ini telah menjadi perluasan bisnis bank untuk mendukung digitalisasi dan integrasi nasional.
Baca Juga: Pakai QRIS Kian Jadi Primadona, Sejumlah Bank Catatkan Kenaikan Transaksi
"Hal tersebut dibuktikan dari perkembangan transaksi QRIS yang terus meningkat. Pertumbuhan ini juga sejalan dengan tren adopsi pembayaran non tunai yang terus menguat di kalangan para pelaku usaha," ucap Andi kepada kontan.co.id.
BTN disebut Andi aktif dalam memperluas kerja sama dengan merchant baik yang nasional maupun local champion.
Dengan berbagai fasilitas tersebut, saat ini merchant QRIS yang sudah bergabung dengan BTN hingga Semester I 2024 tercatat mencapai lebih dari 24.000 merchant atau meningkat lebih dari 40% yoy.
Baca Juga: Jelang Rilis Kinerja Kuartal I-2024, Intip Kinerja BRI dan BTN Per Februari 2024
Andi menjelaskan, secara keseluruhan, tren perkembangan QRIS menunjukkan arah yang positif dengan dukungan dari berbagai pihak untuk menjadikannya sebagai solusi pembayaran yang inklusif dan efisien di Indonesia.
Hal tersebut kata Andi dapat dibuktikan dengan penggunaan QRIS yang lebih luas, integrasi yang lebih mendalam dengan teknologi digital lainnya, serta peningkatan pengalaman pengguna dan efisiensi dalam sistem pembayaran di Indonesia.
Andi menyebut, strategi yang dilakukan untuk meningkatkan transaksi QRIS adalah dengan rutin melakukan edukasi/awareness , inovasi, dan program promo.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News