kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Wanaartha Life Tak Kunjung Dapat investor, Bagaimana Nasib Nasabahnya?


Kamis, 30 Juni 2022 / 14:31 WIB
Wanaartha Life Tak Kunjung Dapat investor, Bagaimana Nasib Nasabahnya?
ILUSTRASI. Kinerja WanaArtha Life: Pelayanan nasabah di Kantor WanaArtha Life, Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (23/3). KONTAN/Baihaki/23/3/2011


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nasib nasabah PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (WanaArtha Life) masih harus terkatung-katung. Sebab, investor baru yang digadang-gadang bisa menyelesaikan kasus gagal bayar di perusahaan ini tak kunjung datang.

Seperti diketahui, awalnya perusahaan menargetkan proses negosiasi dengan investor bakal selesai di Juli. Artinya, sisa sebulan lagi target investor datang, namun sampai saat ini belum ada kabar baik.

Bahkan, Konsultan Penyehatan Wanaartha Life Kukuh K. Hadiwidjojo yang selama ini bertugas untuk bernegosiasi dengan calon investor baru dikabarkan mundur. Hal tersebut juga dikonfirmasi oleh Direktur WanaArthaLife Adi Yulistanto.

“Betul, namun demikian segera akan ada penggantinya,” ujar Adi.

Baca Juga: Allianz Life Catatkan Premi Bruto Rp 3,8 Triliun di Kuartal I-2022

Sementara itu, Adi pun menegaskan bahwa proses negosiasi pun tak terganggu sama sekali. Bahkan, ia mengklaim bahwa perkembangan untuk mendapat investor baru masih dalam jalur yang tepat.

Alasannya, mulai ada dokumen-dokumen tertulis yang ditandatangani dan ditujukan kepada arranger dari calon investor. Ia bilang jika indikatornya hanya proses negosiasi agar investor dapat masuk ke perusahaan maka dapat diindikasikan sudah lebih dari 50%.

“Kalau asumsi indikatornya sampai realisasi pembayaran ke nasabah, dapat diindikasikan saat ini telah mencapai  kurang lebih 20%,” imbuh Adi.

Meskipun demikian, ketegasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai pengawas industri ini sangat diperlukan untuk mengawasi janji-janji dari Wanaartha Life yang saat ini sedang mencari investor baru.

Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot pun bilang bahwa saat ini pihaknya telah meminta pemegang saham pengendali dan manajemen dari Wanaartha Life untuk segera menyesuaikan dan menyampaikan RPK yang komprehensif.

Baca Juga: AAJI Menyebut Kegunaan Agen Asuransi Masih Diperlukan

“Didukung dengan kepastian sumber dana yang dapat segera direalisasikan perusahaan,” ujar Sekar.

Meskipun demikian, Sekar tak menyebut sampai kapan perusahaan diberi waktu untuk menyampaikan RPK tersebut. Padahal, hal tersebut dirasa diperlukan agar nasabah tak semakin terkatung-katung menunggu pembayaran polis asuransinya.

“Pengawasan yang telah dilakukan OJK terhadap perusahaan asuransi telah dilakukan sesuai dengan kewenangan, aturan dan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

Sembari menunggu investor baru, Direktur Operasional Wanaartha Life Ari Prihadi menambahkan bahwa saat ini perusahaan masih melakukan pembayaran skala prioritas, dimana pembayaran yang terkait dengan kemanusiaan, seperti kematian, kecelakaan atau sakit.

Ia bilang pembayaran prioritas saat ini sudah dilakukan lebih kurang sebanyak 80 kali dengan tiga gelombang dan total pembayaran Rp 1,8 miliar. Selain itu, terdapat beberapa nasabah yang sudah mendapat lebih dari satu kali.

“Diharapkan dalam minggu ini bisa diproses 200 nasabah dengan total pembayaran mencapai Rp 1,5 miliar,” ujar Ari.

Meskipun demikian, pembayaran dengan prioritas ini masih belum bisa menenangkan bagi nasabah. Sebab, hal tersebut tergantung dengan likuiditas keuangan perusahaan yang diharapkan bisa mencukupi.

Ia menjelaskan pembayaran prioritas ini bersumber dari kupon yang dihasilkan oleh dana jaminan perusahaan. Sementara, kupon dalam setahun menghasilkan Rp 11 miliar, namun cairnya tidak rata. 

“Kita ingin supaya distribusi pembayaran agak rata. Karena memang yang minta banyak,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×