kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Waspada penipuan SMS atas nama BPJS Ketenagakerjaan marak beredar


Rabu, 06 Juni 2018 / 12:19 WIB
Waspada penipuan SMS atas nama BPJS Ketenagakerjaan marak beredar
ILUSTRASI. BPJS Ketenagakerjaan

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan meminta masyarakat waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan lembaga negara ini. Sebab, beredar SMS atau pesan pendek yang berisikan, bahwa lembaga ini akan memberikan bantuan dana secara cuma-cuma dan dalam jumlah besar.

Deputi Direktrur Bidang Humas dan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan Irvansyah Utoh Banja mengaku, banyak menerima pertanyaan dari masyarakat terkait kebenaran pemberian bantuan tersebut, padahal info yang beredar itu tidak benar atau hoax.


“Hal tersebut terindikasi sebagai tindakan kriminal, pihaknya sampai sekarang tidak pernah menyelenggarakan pemberian dana cuma-cuma atau undian kepada masyarakat,” kata Irvansyah kepada Kontan.co.id, Rabu (6/6).

Apalagi, penipuan itu sampai pada permintaan yang mengarahkan peserta BPJS untuk membayarkan sejumlah uang. Itu sudah bisa dipastikan sebagai penipuan yang memanfaatkan nama lembaga negara.

Oleh karenanya, ia meminta masyarakat untuk mengecek lebih dulu segala informasi yang beredar. Maka disarankan, untuk mengecek informasi terkait BPJS Ketenagakerjaan, bisa dengan mendatangai kantor cabang, atau mengakses website dan sosial media resmi. Atau bisa juga dengan menghubungi call center 1500910.

Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan akan berkordinasi dengan Kementrian terkait, untuk menindak tegas kepada website atau sosial media yang memberikan informasi palsu, salah satunya dengan melakukan pemblokiran.




TERBARU

Close [X]
×