kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada Rencana Konsolidasi, Ini Kriteria Bank Syariah yang Ingin Diakuisisi BSI


Selasa, 19 Maret 2024 / 20:23 WIB
Ada Rencana Konsolidasi, Ini Kriteria Bank Syariah yang Ingin Diakuisisi BSI
ILUSTRASI. Staf membuka layanan Rekening Dana Nasabah (RDN) Online Bank Syariah Indonesia (BSI) usai peluncuran di Jakarta, Selasa (16/01/2024).


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) buka-bukaan soal adanya rencana konsolidasi dengan bank syariah lainnya melalui Kelompok Usaha Bersama (KUB). 

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan adanya rencana KUB tersebut sebagaimana aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mendorong bank syariah melakukan konsolidasi.

"Kami ada rencana untuk lakukan KUB. Kalau yang kecil-kecil (unit usaha syariah/bank syariah) tidak bisa tumbuh, kita bisa KUB melalui kami akuisisi aset," kata Hery kepada Kontan saat ditemui di acara Santunan 3.333 Anak Yatim BSI di Jakarta, Selasa (19/3).

Lebih lanjut saat ditanya terkait kriteria bank syariah yang ingin di jaring melalui konsolidasi dengan KUB, Hery mengatakan pihaknya tentu akan melihat dari sisi kesehatan bank syariah tersebut dan fokus bisnisnya.

Baca Juga: Bank Digital Berlomba Tawarkan Bunga Deposito Tinggi, Ada yang Sampai 9%

"Tentu harus sama-sama sehat, kalau satu sehat yang sana tak sehat (bank yang diakuisisi), nanti sakit sebelah," kata dia.

Direksi Bank Syariah Indonesia di Jakarta (19/3).

Hery juga menyebut bank syariah yang bakal dibidik nantinya adalah bank yang fokus bisnisnya ke segmen konsumer ritel. 

Dia juga menyebut selama ini besarnya BSI terlahir dari konsolidasi beberapa bank syariah pelat merah, sehingga kini memiliki aset dan modal terbesar di industri bank syariah tanah air.  Dengan demikian BSI pun membuka diri untuk membantu bank syariah lain yang memiliki aset dan modal kecil agar nanti didorong menjadi besar.

Perlu diketahui sebelumnya manajemen BSI sempat menyebut BCA Syariah dan Bank Mega Syariah dalam rencana konsolidasi tersebut, dengan catatan bank tersebut juga membuka diri untuk bersedia dibeli oleh BSI.

Namun saat Kontan mengkonfirmasi hal tersebut kepada kedua bank, baik BCA Syariah dan Bank Mega Syariah mengatakan tidak memiliki rencana untuk melakukan konsolidasi dengan bank lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×