kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Digital Berlomba Tawarkan Bunga Deposito Tinggi, Ada yang Sampai 9%


Selasa, 19 Maret 2024 / 20:11 WIB
Bank Digital Berlomba Tawarkan Bunga Deposito Tinggi, Ada yang Sampai 9%
ILUSTRASI. Aplikasi perbankan digital Allo Bank Indonesia.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Persaingan penghimpunan dana di industri perbankan digital semakin memanas di tengah suku bunga tinggi. Demi menggali sumber pendanaan, tak sedikit pula bank digital yang menawarkan suku bunga deposito lebih tinggi dari rata-rata yang ditawarkan bank lain.

Suku bunga yang ditawarkan bank juga terkadang jauh di atas tingkat bunga pinjaman Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang sebesar 4,25%. 

Berdasarkan penelusuran, rata-rata bank digital menawarkan suku bunga deposito di level 5% hingga 6%. Bahkan ada yang menawarkan bunga hingga 9%.

Seperti Krom Digital Bank. Pendatang baru milik Grup Kredivo ini berani memberikan tawaran bunga deposito hingga 8,75% untuk deposito berjangka tenor enam bulan. Selain itu ada Neo Bank yang menawarkan bunga deposito hingga 8,00% untuk deposito dengan tenor 12 bulan. 

Baca Juga: Inflasi dan Momen Ramadan Berpotensi Menggerus Simpanan Nasabah Menengah Bawah

Juga ada Amar Bank yang menawarkan bunga deposito hingga 8,00% untuk tenor 24 bulan dan 9,00% untuk tenor 36 bulan.

Selain itu ada Allo bank juga menawarkan bunga tertinggi hingga 6%. Seabank Indonesia menawarkan produk deposito dengan suku bunga mencapai 6% per tahun, dengan kurun jatuh tempo 1, 3, dan 6 bulan. 

Bank Neo Commerce juga  menawarkan bunga yang kompetitif, yaitu 6% per tahun. Selanjutnya ada  Bank Jago Tbk. (ARTO) menawarkan bunga deposito 5% per tahun. Blu BCA menawarkan bunga tertinggi mencapai 4,75%

Direktur Utama Allo Bank, Indra Utoyo mengatakan, secara umum, pihaknya percaya suku bunga produk pendanaan yang pihaknya tawarkan sudah cukup kompetitif dengan peer banks Allo Bank di pasar.

Di sisi lain, Indra mengaku akan menyesuaikan tingkat suku bunga produk pendanaan dengan kondisi pasar dan makroekonomi. 

Hal ini sejalan dengan HBI Rate diprediksi akan turun ke 5,25% per akhir tahun 2024, dengan mempertimbangkan perkembangan arah kebijakan The Fed terhadap Fed Fund Rate dan ruang penurunan suku bunga didorong penguatan mata uang Rupiah, terkendalinya inflasi inti dan inflasi pangan serta penyaluran kredit perbankan yang optimal.

"Dalam menjaring dana nasabah, kami memfokuskan diri untuk mengembangkan kolaborasi dengan sektor-sektor baru yang dekat dengan berbagai aspek kehidupan nasabah sesuai dengan tagline kami 'Experience A Simple Life'," kata Indra kepada kontan.co.id, Senin (18/3).

Baca Juga: Perbankan Ramai-Ramai Siapkan Uang Tunai Lebih Besar untuk Kebutuhan Lebaran

Selain itu, Allo Bank juga mengembangkan fitur-fitur baru dari sisi pembayaran transaksional. Sepanjang tahun 2023 total transaksi di Allo Bank kurang lebih meningkat 3 kali lipat terutama untuk fitur-fitur utama dalam Aplikasi seperti QRIS, Transfer, Top-Up dan Bill Payment. 

Di samping suku bunga simpanan yang menarik, agar nasabah terus menabung di Allo Bank, pihaknya juga memberikan keleluasaan kepada nasabah untuk melakukan transfer antar bank secara gratis. 

Indra menerangkan, saat ini Allo Bank menjadi salah satu bank teraktif dalam hal jumlah transaksi sistem pembayaran ritel nasional melalui BI-Fast. Hal ini sejalan dengan komitmen regulator untuk mempercepat digitalisasi perekonomian dan keuangan nasional. 

Digibank by DBS juga menawarkan bunga deposito hingga 5%. Natalina Syabana, Head of Liabilities, Secured Lending and Segmentation, Consumer Banking PT Bank DBS Indonesia menyebut, suku bunga deposito yang ditawarkan kepada nasabah biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk kebutuhan likuiditas institusi dan juga keputusan suku bunga oleh OJK. 




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×