kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AAUI Nilai Industri Asuransi Umum Masih Perlu Tenaga Pemasar, Ini Penyebabnya


Senin, 18 September 2023 / 16:53 WIB
AAUI Nilai Industri Asuransi Umum Masih Perlu Tenaga Pemasar, Ini Penyebabnya
ILUSTRASI. Karyawan melintas di depan logo perusahaan asuransi umum di kantor Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Jakarta, Kamis (24/8/2023). /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/24/08/2023.


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) menyampaikan industri asuransi umum masih memerlukan tenaga pemasar dalam memasarkan produk karena belum semua perusahaan asuransi umum beralih ke sistem digital. 

Terkait hal itu, Direktur Eksekutif AAUI Bern Dwiyanto menegaskan tidak semua produk asuransi dapat didigitalisasi. Dia mengatakan hanya produk simple risk yang membutuhkan proses digital, seperti kendaraan bermotor personal, house hold, personal accident, dan travel insurance.

"Sebagian besar masih membutuhkan pemasaran secara tatap muka. Oleh karena itu, tenaga pemasar masih sangat dibutuhkan. Untuk produk masal atau mikro, lebih efektif menggunakan online," ucapnya kepada KONTAN.CO.ID, Senin (18/9).

Selain tidak semua produk asuransi dapat didigitalisasi, Bern menyebut faktor lain yang membuat industri belum menggunakan sistem digital sepenuhnya karena adanya biaya yang tinggi. Bern pun menerangkan saat ini masih sedikit perusahaan yang sudah dan sedang proses melakukan digitalisasi. 

Baca Juga: IFG Life Butuh Anggaran Rp 8,01 Triliun Untuk Selesaikan Pengalihan Polis Jiwasraya

Di sisi lain, dia tak memungkiri kebijakan transformasi digital dalam sektor jasa keuangan juga menjadi salah satu prioritas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun ini. Adapun kebijakan digitalisasi di industri asuransi menjadi salah satu yang menjadi perhatian guna pengembangan digitalisasi.

Meskipun jumlah perusahaan yang menerapkannya masih sedikit, tetapi mulai banyak perusahaan asuransi yang melirik berkolaborasi dengan perusahaan insurtech untuk menghadirkan asuransi digital.

Sebagai informasi, AAUI mencatat data agen di asuransi umum per Juni 2023 sebanyak 66.437 orang. Adapun Juni 2022 sebanyak 62.086 orang. Selain itu, AAUI menyampaikan pendapatan premi industri asuransi umum pada semester I-2023 naik 6,2% menjadi Rp 48,9 triliun. Pada periode yang sama tahun sebelumnya, premi asuransi umum mencapai Rp 46 triliun. 

Sementara itu, jumlah klaim nasabah asuransi pada semester I-2023 mencapai Rp 20,1 triliun atau tumbuh 13,2%, jika dibandingkan Rp 17,7 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×