Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Guna mempermudah bisnis di tengah pandemi, PT Asuransi Allianz Life Indonesia mengoptimalkan layanan digital. Layanan ini bisa proses pengajuan polis, informasi dan transaksi polis, pengajuan klaim asuransi kesehatan, sampai ke informasi nilai investasi dan transaksi fund investasi.
Hingga Juli 2020, Allianz Indonesia mencatat, sebanyak 93% pengajuan polis menggunakan kanal digital, 42% polis diterbitkan secara elektronik, dan 90% komunikasi ke nasabah dilakukan melalui email. Peran digitalisasi memberikan banyak pengaruh pada peningkatan kualitas dan efektivitas layanan, baik kepada nasabah maupun mitra bisnis.
“Kami terus mendukung berbagai upaya untuk menjaga keselamatan dan kesehatan. Dalam bekerja dan berinteraksi, kami telah melakukan penyesuaian dengan cepat dan menjalani cara baru dengan memanfaatkan teknologi untuk memberikan kemudahan dan layanan terbaik bagi nasabah,” kata Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer Allianz Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (4/9).
Guna mengapresiasi nasabah yang telah mengaktifkan layanan dan melakukan transaksi digital, Allianz Indonesia memberikan tambahan loyalty point atau voucher belanja yang akan diberikan melalui aplikasi program loyalty, Allianz Smart Point.
Baca Juga: Allianz Indonesia gelar program eAZy di rumah menyambut hari pelanggan nasional 2020
Nasabah mendapatkan point untuk setiap Rp100.000 premi yang dibayarkan dan kelipatannya. Khusus selama masa promo, Allianz memberikan tambahan poin untuk pembelian polis baru dengan polis elektronik dan korespondensi elektronik, serta untuk berbagai transaksi melalui portal nasabah Allianz eAZy Connect.
Transaksi tersebut antara lain adalah pengajuan klaim asuransi kesehatan, perubahan cara pembayaran premi ke auto debit agar memudahkan nasabah, perubahan ahli waris, perubahan alokasi dana investasi, penambahan dana investasi (single top up) dan pembaharuan data nasabah.
Selain itu, nasabah yang melakukan pengajuan klaim asuransi kendaraan dan asuransi perjalanan secara digital melalui website juga akan mendapatkan voucher belanja.
Selain tambahan poin pada program loyalty dan voucher belanja di aplikasi Allianz Smart Point, Allianz Indonesia juga mengajak para nasabah dan masyarakat umum untuk berbagi pengetahuan seputar keuangan dan perlindungan asuransi, khususnya terkait masa pandemi yang mengharuskan adanya new norma.
Melalui serangkaian webinar yang diadakan dwi-mingguan, Allianz Indonesia menyajikan berbagai topik menarik yang dapat diikuti secara cuma-cuma oleh siapa saja.
Topik yang akan datang adalah mengenai Market Outlook, Bagaimana Mengelola Work dan School from Home, Bagaimana Mengubah Hobi Menjadi Uang, sampai dengan Financial Clinic. Informasi selengkapnya mengenai program eAZy di Rumah Aja dan cara pendaftaran webinar, dapat diakses melalui website Allianz Indonesia.
“Banyak masyarakat masih berpikir ulang, apakah bijaksana untuk memiliki asuransi di masa pandemi, terutama karena penghasilan keluarganya terdampak dari situasi ini. Allianz Smart Point memberikan berbagai manfaat tambahan di luar perlindungan asuransi, artinya premi yang dibayarkan nasabah dapat memberikan manfaat yang lebih banyak lagi. Selain berkomitmen memberikan perlindungan terbaik, Allianz Indonesia ingin selalu memberikan pengalaman yang mengesankan bagi nasabah,” pungkas Karin.
Selanjutnya: Allianz Utama luncurkan portal klaim digital di tengah pandemi
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News