kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada stimulus pemerintah, kredit modal kerja perbankan akan tumbuh lebih tinggi


Kamis, 09 Juli 2020 / 20:28 WIB
Ada stimulus pemerintah, kredit modal kerja perbankan akan tumbuh lebih tinggi
ILUSTRASI. Petugas melayani nasabah di Bank BNI KCP Tubagus Angke, Grogol Petamburan, DKI Jakarta, Jumat (3/1/2020). Ada stimulus pemerintah, kredit modal kerja perbankan akan tumbuh lebih tinggi. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dukungan pemerintah lewat penjaminan kredit modal kerja (KMK) dan penempatan dana pada bank Himbara diperkirakan akan mendorong ekspansi kredit modal kerja tahun ini. Sehingga kredit segmen ini diperkirakan bisa tumbuh lebih baik dibanding tanpa ada dukungan.

Pemerintah telah menganggarkan Rp 5 triliun ke dalam program penjaminan modal kerja bagi pelaku usaha UMKM agar bisa ekpansi lagi. Penjamina itu dilakukan lewat Askrindo dan Jamkrindo.

Baca Juga: Pangsa pasar bank cilik makin menciut, OJK soroti soal penguatan modal

Sebanyak 13 bank telah meneken kerjasama penjaminan tersebut pada Rabu (8/7) diantaranya BRI, BRI Agro, Bank Mandiri, BNI, Bank BJB, BCA, BTN, Bank Jatim, Bank Jateng, Bank Permata, Nobu Bank, Bank Maybank, dan Bank BTPN.

Dengan jaminan tersebut diharapkan perbankan tidak khawatir lagi memberikan kredit modal kerja kepada debitur yang melakukan restrukturisasi. Sementara debitur-debitur setelah melakukan restrukturisasi tentu membutuhkan modal baru untuk melanjutkan kembali operasi bisnisnya.

BNI optimis bisa mendorong pertumbuhan kredit modal kerja (KMK) sekitar 5%-6% tahun 2020 ini dengan adanya jaminan kredit modal kerja yang diberikan serta penempatan dana pemerintah kepada bank Himbara. Itu lebih tinggi dari target kredit perseroan secara keseluruhan tahun ini yakni tumbuh sekitar 4%.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama BNI Herry Sidharta pada Kontan.co.id, Kamis (9/7). Ia berharap, pertumbuhan KMK yang cukup agresif tersebut dapat membantu sektor riil untuk segera pulih dan pada akhirnya mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga: Sektor perbankan Indonesia dikuasai asing? Ini kata OJK

Ekspansi kredit modal kerja BNI akan ditujukan ke sektor ekonomi pada karya seperti sektor pertanian termasuk di dalamnya perikanan dan peternakan, fast moving consumer good (FMCG), distribusi/logistik, serta sektor makanan dan minuman. "Sektor-sektor tersebut juga dianggap terdampak covid-19 dengan kriteria low impact sehingga diharapkan dapat segera pulih," kata Herry.

Selain itu, BNI juga akan berupaya menyalurkan kredit modal kerja itu kepada debitur yang memiliki orientasi ekspor. Per Mei 2020, realisasi KMK BNI mencapai Rp 284,4 triliun atau 53% dari total loan perseroan.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×