kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AFPI catat restrukturisasi pinjaman P2P lending sekitar Rp 300 miliar


Kamis, 03 September 2020 / 11:44 WIB
AFPI catat restrukturisasi pinjaman P2P lending sekitar Rp 300 miliar
ILUSTRASI. ilustrasi fintech. /2017/01/04


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri fintech peer to peer (P2P) lending ikut terdampak pandemi Covid-19. Asosiasi Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) mencatat sebanyak Rp 300 miliar pinjaman telah direstrukturisasi akibat dampak Covid-19.

“Restrukturisasi itu, kalau dalam skema bisnis fintech P2P lending, otoritasnya ada pada lender (pemberi pinjaman). Penyelenggara P2P lending hanya menampung aspirasi atau keinginan dari borrower (peminjam) kalau membutuhkan restrukturisasi,” jelas Ketua Harian AFPI Kuseryansyah melalui diskusi virtual pada Rabu (2/9).

Selanjutnya: Terdampak pandemi, 10% pinjaman KoinWorks telah direstrukturisasi

Setelah itu, penyelenggara P2P lending akan meminta persetujuan kepada lender untuk memberikan restrukturisasi. Ia menyebut terdapat berbagai bentuk restrukturisasi seperti perpanjang jatuh tempo pinjaman, pengurangan denda ataupun bunga.

“Bila disetujui lender, maka bisa dieksekusi. Sejauh ini, berdasarkan survei kami, sekitaran Rp 300 miliar sudah diberi keringanan atau restrukturisasi kepada borrower,” tambah Kus.

AFPI melihat tren permintaan restrukturisasi semakin berkurang. Ia menilai hal ini lantaran tenor pinjaman fintech P2P lending relative lebih singkat mulai dari 1 bulan hingga 36 bulan.

“Bila sudah menjalankan pinjaman sejak Februari, maka pada Maret dan April paling banyak restrukturisasi yang dipenuhi. Sekarang jauh berkurang, karena sudah dilaksanakan pada April hingga Juni,” tutur Kus.

Sebelumnya, Direktur Pengaturan, Perizinan, dan Pengawasan Fintech OJK Tris Yulianta menyebut Akumulasi pinjaman yang telah disalurkan industri fintech lending sebesar Rp 116,97 triliun. Nilai itu tumbuh 134,93% yoy dibandingkan Juli 2019 senilai Rp 49,79 triliun.

Selanjutnya: Pacu transaksi tabungan emas, Tokopedia tebar cashback Rp 250.000

Salah satu penyelenggara P2P lending yang memberikan keringanan ialah PT Lunaria Annua Teknologi atau Koinworks. Fintech yang fokus memberikan pinjaman kepada UKM ini telah merestrukturisasi 10% dari portofolio pinjaman.

“Pelaku UMKM tetap menjadi fokus bisnis kita. Saat pandemi, mereka mengalami kondisi keuangan yang kepepet, akhirnya ada 10% peminjam-peminjam kita yang mendapatkan restrukturisasi,” ujar CEO & Co-Founder KoinWorks Benedicto Haryono melalui diskusi virtual pada Rabu (2/9).

Sayangnya, Ia tidak merinci nominal pinjaman yang telah direstrukturisasi oleh KoinWorks. Kendati demikian, Ia menjelaskan sejak akhir Juli 2020, pengembalian pinjaman yang dilakukan oleh peminjam mulai membaik.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×