kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agen BRILink Membuat Warga Pujon Kidul Tak Lagi Repot Pergi ke ATM


Selasa, 30 Januari 2024 / 19:12 WIB
Agen BRILink Membuat Warga Pujon Kidul Tak Lagi Repot Pergi ke ATM
ILUSTRASI. Kontan - BRI Ultra Mikro Kilas Online


Reporter: Dimas Andi, Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - PUJON KIDUL. Tiga orang remaja tampak mengantre di depan toko yang memiliki spanduk Agen BRILink. Tujuan mereka sederhana, yakni membeli voucher game supaya mereka bisa mengalahkan lawan dan naik level di dunia permainannya.

Voucher tersebut hanya bisa didapat dengan mentransfer uang ke pihak ketiga yang bekerja sama dengan pengembang game yang bersangkutan. Beruntunglah, ketiga remaja tadi tinggal berdekatan dengan Fitri Kurnia, seorang Agen BRILink yang juga pemilik toko kelontong bernama Toko Kurnia.

Mereka bisa melakukan transfer uang dengan bantuan Fitri yang memiliki mesin Electronic Data Capture (EDC) di tokonya. Para remaja tadi tidak perlu repot-repot berjalan ke ATM yang memang jaraknya cukup jauh dari Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang.

Baca Juga: Mari Mengenal Akad Kredit di ULaMM Syariah

Fitri telah menjadi agen BRILink sejak 2019 silam. Ketertarikan Fitri terhadap agen BRILink bermula dari hobinya yakni belanja online yang memungkinkan aktivitas transaksi pembayaran secara online lewat apilikasi BRI Mobile (BRImo). Aplikasi tersebut diketahui oleh banyak tetangga dan teman Fitri, sehingga mereka ikut menumpang pembayaran.

Akhirnya, Fitri berkenalan dengan salah satu karyawan BRI yang menawarkan pada dirinya untuk menjadi agen BRILink. Adapun modal awal yang dikeluarkan Fitri untuk menjadi agen BRILink yakni sebesar Rp 4 juta.

Tidak hanya melayani transaksi pembelian voucher game, agen BRILink juga melayani transaksi lain seperti transfer uang, setor tabungan, pembelian pulsa, pembayaran biaya sekolah/kuliah, pembayaran belanja online, top up e-money dan e-wallet, dan lain sebagainya. Waktu operasional agen BRILink dimulai dari jam 7 pagi sampai jam 9 malam setiap hari.

Selama menjadi agen BRILink, Fitri mengaku dapat menangani sekitar 600 transaksi dalam sebulan dengan perputaran uang mencapai Rp 1 miliar. Dari transaksi-transaksi tersebut, ia berpeluang memperoleh keuntungan fee minimal Rp 3 jutaan dan paling banyak sekitar Rp 5 juta sampai Rp 6 juta per bulan.

“Jumlahnya sangat membantu saya untuk tambahan penghasilan,” tutur Fitri ketika ditemui Tim Jelajah KONTAN, 7 Desember 2023.

Antusiasme masyarakat terhadap kehadiran agen BRILink cukup luar biasa, bahkan tidak jarang masyarakat di luar Desa Pujon Kidul datang ke tempat Fitri untuk melakukan transaksi keuangan.

Baca Juga: Pilih Mana ya, ULaMM Konvensional Atau Syariah?

Masyarakat setempat jelas diuntungkan dengan kehadiran agen BRILink, mengingat jarak ATM terdekat dengan Pujon Kidul berjarak 4 kilometer. “Jarak ATM BRI terdekat cukup jauh, belum lagi nanti ada biaya parkir kendaraannya,” tandas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×