kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akhirnya, tujuh bank sepakati restrukturisasi utang Duniatex Group Rp 4 triliun


Sabtu, 14 September 2019 / 05:35 WIB
Akhirnya, tujuh bank sepakati restrukturisasi utang Duniatex Group Rp 4 triliun


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Proses restrukturisasi utang grup usaha Duniatex sepertinya bakal segera dimulai. Pasalnya, sejumlah bank dikabarkan telah menyepakati skema restrukturisasi yang diajukan Duniatex Group. Padahal di saat yang sama, enam entitas Duniatex baru saja diajukan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU).

Sumber Kontan.co.id yang terlibat dalam upaya restrukturisasi namun enggan disebut identitasnya mengatakan, setidaknya sudah ada tujuh bank yang menyepakati skema restrukturisasi.

“Ada enam atau tujuh bank yang sudah sepakat restrukturisasi. Total nilai tagihannya mencapai Rp 4 triliun,” katanya kepada Kontan.co.id, Kamis (12/9).

Jika PKPU dikabulkan, sumber Kontan.co.id menyebut skema restrukturisasi init akan ikut masuk dalam proposal perdamaian, yang juga akan berisi opsi restrukturisasi terhadap seluruh kreditur Duniatex yang tagihannya diakui di depan pengadilan.

Permohonan PKPU diajukan oleh PT Shine Golden Bridge terhadap enam entitas Duniatex Group. Perkara terdaftar dengan nomor 22/Pdt.Sus-PKPU/2019/PN Niaga Smg di Pengadilan Niaga Semarang Rabu (11/9).

Baca Juga: Enam Perusahaan Grup Duniatex Digugat PKPU premium

Sedangkan enam entitas Duniatex tersebut adalah PT Delta Merlin Dunia Textile (DMDT), PT Delta Dunia Textile (DDT), PT Delta Dunia Sandang Textile (DDST), PT Delta Merlin Sandang Textile (DMST), PT Dunia Setia Sandang Asli Textile (DSSAT), dan PT Perusahaan Dagang dan Perindustrian Damai alias Damaitex.

Sementara sejumlah bank yang jadi kreditur Duniatex mengaku memang telah meneken kesepakatan restrukturisasi. Direktur Bisnis Mikro PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Supari menyatakan, BRI telah menyetujui skema restrukturisasi yang ditawarkan Duniatex.

“BRI sudah menyetujui skema restrukturiasi. Skemanya berupa perpanjangan jangka waktu, penurunan suku bunga, dan penjualan aset,” kata pria yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Ritel dan Menengah BRI Ini.

Bank dengan aset terbesar di tanah air ini punya total eksposur kredit ke Duniatex senilai Rp 1,8 triliun. Sedangkan nilai jaminan yang dimiliki BRI sebesar 127% dari eksposur kreditnya.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×